Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia Dalam Era Digital

Indri Faadilah, Aldianto Ilham

Abstract


Perkembangan era digital telah membawa perubahan yang signifikan di berbagai sektor, termasuk sektor perbankan. Perbankan syariah di Indonesia juga tidak luput dari pengaruh perubahan tersebut. Era digital membuka peluang dan tantangan baru bagi perbankan syariah untuk mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prospek pengembangan perbankan syariah di Indonesia dalam era digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbankan syariah memiliki peluang yang besar untuk berkembang di era digital. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain: 1) Peningkatan penetrasi internet dan smartphone di Indonesia. 2) Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan perbankan syariah. 3) Kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan perbankan syariah. Dampak hukum terhadap perkembangan ekonomi syariah: 1) Menciptakan kepastian hukum. 2) Meningkatkan kepercayaan masyarakat. 3) Melindungi konsumen. 4) Meningkatkan daya saing.


References


Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (p. h. 1). Alfabeta.

Aulia, D. (2017). Pengembangan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islam dan Produk Halal dengan “ADDIE.” Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.

Barometernews.id. (2023). https://barometernews.id/belanja-iklan-nasional-terungkap-di-hpn-2023/.

Fariana, A., & Safii, A. (2018). Sinergi Fintech Dengan Perbankan Syariah Dalam Perspektif Hukum. Istinbath: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 17(2), 259–475. http://www.istinbath.or.id

Febriyani, D., & Mursidah, I. (2021). Ekonomi Dan Perbankan Syariah Di Tengah Era Digital. Muamalatuna, 12(2), 1–14. https://doi.org/10.37035/mua.v12i2.3969

Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Bank Syariah (p. hlm. 54). PT Gramedia Pustaka Utama.

Keller, P. K. dan K. (2009). Manajemen Pemasaran (Ketiga Bel, p. h. 5). Erlangga.

Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM.CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(2), 1003–1011. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.136

Lestari, P. I. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z : Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi Putri. 01(02), 12–22.

Nasruron, M., & Safitri, N. A. A. (2021). Analisis Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al Birru: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, I(1), 1–20.

Putra, Z. N. T., & Sunandar, H. (2023). Strategi Pengembangan Produk Perbankan Syariah Dan Prospek Perkembangannya Dalam Industri Perbankan. … Banking, 1(1), 31–43. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/MONEY/article/view/10586%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/MONEY/article/download/10586/8501

Rahmawati, Y. (2022). Akuntansi Syariah di Indonesia dalam Era Digital. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37680/ijief.v2i1.1366

Rokhmat Subagiyo. (2019). Era Fintech : Peluang Dan Tantangan Bagi Ekonomi Syariah. El-JIZYA: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 319–336. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/eljizya/article/view/3457

Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 197048.

Suntana, I. (2015). Politik Hukum Islam (p. h. 45). CV Pustaka Setia.

Susanti, D. (2021). Strategi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Minat Generasi Milenial di Era Digital. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENDOCRINOLOGY (Ukraine), 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Tartila. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 3310–3316.

Tazkiyyaturrohmah, R., & Institut. (2022). Peluang Dan Tantangan Bank Syariah Di Era Industri 4.0. October, 74–90.

Werdi Apriyanti, H. (2018). Perkembangan Industri Perbankan Syariah Di Indonesia : Analisis Peluang Dan Tantangan. Maksimum, 8(1), 16. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.16-23

Yusuf, Y. (2020). Gen-Z: Kesadaran Merek Lewat Jebakan Periklanan. Equity: Jurnal Ekonomi, 8(2), 20–32. https://doi.org/10.33019/equity.v8i2.36

Zia Ulhaq, M. (2022). Peluang Dan Tantangan Bank Syariah Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 49–61. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/jesa




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i1.5337

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.