Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR)

Mahmud Mahmud, Mahisa Cempaka

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perspektif pelaksanaan pembelajaran yang mudah, sederhana, dan konkrit di SD/MI, artinya pembelajaran dengan melalui proses melihat dengan jelas, mendengar dengan lantang, dan belajar sambil melakukan. Karenanya membutuhkan modul agar mudah dilakukan peningkatan berpikir kritis, desain modul yang menarik, dan berupaya pembelajaran melalui mobile phone. maka penelitian ini memberikan alternatif yakni dengan pengembangan modul elektronik untuk android melalui augmented reality (AR). AR merupakan teknologi yang mampu menggabungkan benda maya kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan memproyeksikan seperti benda nyata. pengembangan e-modul ini juga dirancang khusus dengan muatan integrasi profil pelajar pancasila sebagai basis penguatan karakter pada siswa SD/MI. Maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini, pertama bagaimana mengembangkan e-modul pembelajaran tematik terintegrasi profil pelajar pancasila di SD/MI berbasis augmented reality; kedua bagaimana validitas pengembangan e-modul pembelajaran tematik SD/MI.
Jenis penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kevaliditas produk dengan menggunakan model 4-D Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) sementara pada penelitian ini hanya di batasi sampai pada langkah tiga saja. Untuk menghasilkan validitas produk maka divalidasi oleh ahli media dan materi yang sesuai dengan kepakaran masing-masing ahli.
Modul pembelajaran yang dikembangkan dengan materi perubahan energi, persebaran suku dan keragaman agama, untuk kelas IV SD/MI yang terdiri dari 3 materi. Protoype yang dikembangkan mengikuti kondisi lingkungan nyata, ketepatan gradasi dan pencahayaan dengan proporsional. Tampilan modul terdiri dari layar pembuka, menu utama (home), panduan, RPP, modul, marker Augmented Reality (AR,) evaluasi, game, tampilan daftar pustaka, profil penulis, tampilan sumber, dan indikator profil pelajar pancasila. E-modul yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid dengan 84,4 oleh ahli media dan nilai 12 (sangat valid) oleh ahli modul. Maka disimpulkan pengembangan e-modul dilakukan sangat baik dan layak untuk di gunakan.

References


Abi Manyu, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Android (Mobile Learning) Di SMK Kusuma Negara Kertosono Jurusan Multimedia. It-Edu, 2(02), 113–118.

Ariyanto, Agus, priyayi, desy fajar, dewi lusiawati. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 91, 1–13.

Herdian, C. A. (2020). Augmented Reality sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. 1(2), 60–64. https://doi.org/10.31219/osf.io/79fy2

Huda, A. A. (2013). 24 Jam Pintar Pemrograman Android. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hudaya, S., & Supriyanto, A. (2020). Pendidikan Humanistik Holistik Sebagai Arah Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. … Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 292–299. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/428

Ilham, I., Mahmud, M., & Septiana, V. W. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multimedia. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1). Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=EuETresAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=EuETresAAAAJ:2osOgNQ5qMEC

Lifa Farida Panduwinata, Ruri Nurul Aeni Wulandari, & Mokhammad Nurrudin Zanky. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5958

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mahendra, M. K. I., Sindu, I. G. P., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Book 2 Dimensi Sub Tema Lingkungan Alam di PAUD Telkom Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 1. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.30217

Pitaloka, N. E. R. dan G. K. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Kontruksi Gedung, Sanitasi Dan Perawatan Di Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, II(1), 65–77. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpts/article/view/31966

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361–366. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Santoso, Apri., Noviandi, Elki. & Predesan, I. (2013). Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality. Jurnal Sistem Komputer, 1, 1–9.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Stephen Cawood, M. F. (2007). Augmented reality: a practical guide. Pragmatic Bookshelf.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno. (2019). Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society. Penguatan Pendidikan & Kebudayaan Untuk Menyongsong Society 5.0, 272–287.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi AKsara.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan Guru Sd Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Diy. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2717

Wardani, I. S. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Di Kecamatan Bulak. https://doi.org/10.31227/osf.io/adxkz

Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2, 1073–1085. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2668




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3818

Article Metrics

Abstract view : 663 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 561 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.