Pengaruh Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh

Rifana Wahdi, Nurul Fakhrin

Abstract


Penggunaan media sangat berpengaruh besar dalam proses dan hasil belajar peserta didik. Media Video Lagu Bahasa Arab merupakan salah satu media yang sangat menarik bagi peserta didik khususnya dalam pembelajaran mufradat pada mata pelajaran bahasa arab. Namun, masih banyak di antara guru pada zaman sekarang ini yang belum mampu memanfaatkan media dalam proses belajar mengajar. Penulis memilih penggunaan media video lagu bahasa arab dalam pembelajaran mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh karena masih banyaknya siswa yang malas dan tidak tertarik belajar dengan temuan sering izin dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media video lagu bahasa arab dalam pembelajaran mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh Sumatera Barat. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pembelajaran mufradat menggunakan media video lagu bahasa arab sangat menarik perhatian peserta didik sehingga memudahkan untuk menghafal dan memahami mufradat serta membaiknya hasil belajar mereka.


References


AlGhalayaini, Musthafa (1983). Jami’ Al Durus Al Arabiyah. Beirut: Almaktabah Al’Ashriyah

Alwi, Said (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Itqan 8 (2) 145-167

Anggereni, Santih. (2016) Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Hukum Newton, Jurnal Biotek, 4 (2) 334

Badriah (2015) Efektifitas Proses Pembelajaran dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran, Jurnal Lentera Komunikasi, 1 (1) 23

Fajriah, Zahratun (2015) Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini 9 (1) 107-126.

Hamalik, Oemar (1994). Media Pendidikan, Bandung: Citra Asditya Bakti.

Hidayati, N. (2013). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Eknmi Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1 (3)

Kasiram, Moh. (2008). Metodologi Penelitian, Malang: UIN Malang Press.

Kudsiyah, Lailatul Maludiyah dan Murdiono, (2021). Arabic Video Lyric Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Siswa. Ta’lim Al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 5 (1) 52-60

Mardhiah, Ainun & Said Ali Akbar (2018). Efektifitas Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Neferi 16 Banda Aceh, Jurnal Lantanida, 6 (1) 50

Mifthachul Rizky Darsa, Yuni Antika (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Sosial Media. Munasba. Multaqo Nasional Bahasa Arab.

Nabilah, Fiyani & M. Abdul Gofur (2020) Peningkatan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Metde Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IB MI Nurul Anwar Bekasi Utara. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3 (1)

- 85.

Nanang Joko Purwanto (2018) Lagu Sebagai Media Pembelajaran Tata Bahasa Arab (Nahwu). Jurnal Maharat 1(1) 1-13

Nurrita, Teni (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Alquran, Hadits, Syari’ah dan Tarbiyah. 3 (1) 171-187

RI, Departemen Agama (2009). Alquran dan Terjemahannya. Bandung: PT.Sygma Examedia Arkanleema

Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah (2012). Memahami Konsep Dasar bahasa Arab. Malang: UIN-MahylikiPress

Simbolon, A.S, Widiyowati,I.I, *Kusumawardani, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Boonding Board dengan model Pembelajaran Quantum Teaching berbasis visual, auditori, kinestetik (VAK) terhadap pemahaman siswa pada materi ikatan kimia. Bivalen: Chemical Studies Jurnal, 1.(1). 21-26

Thityn Ayu Nengrum dan Muh Arif, (2020). Efektifitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab. ‘A jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 9 (1) 1-15

Utami, Rizka (2020). Ta’lim Al-Nahw bi Madkhal Al-Ta’allum All-Ta’awuni bi Uslub (STAD) Bi ma’had Dar Al-Ulum Al-‘Ashri Banda Aceh. Ta’lim Al-‘Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4 (2). 181-195

Zumrotul Aslah (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3 (2) 269-286




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3213

Article Metrics

Abstract view : 1350 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1021 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.