Studi tentang Dampak Perilaku Salah Suai Siswa dalam Proses Belajar di SMA N 7 Kota Jambi

Yulianti Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak perilaku salah suai siswa terhadap konsep diri siswa di SMA N 7 Kota Jambi, Apa saja dampak yang ditimbulkan dari perilaku salah suai siswa yang berdampak terhadap konsep diri siswai. Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan dengan tujuan utama, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat, selain menarik para peneliti muda, karena bentuknya yang sederhana dan mudah dipahami dengan tanpa memerlukan teknik statistika yang kompleks dan bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi keadaan saat ini. Dari data yang diperoleh terlihat bahwa perilaku salah suai siswa dalam proses belajar terhadap konsep diri siswa di SMA Negeri 7 Kota Jambi dalam hal perilaku salah suai siswa membolos berada pada kualitas tinggi 70,0% dan  perilaku salah suai siswa dalam proses belajar di SMA Negeri 7 Kota Jambi dalam hal perilaku salah suai siswa keluar masuk kelas juga berada pada kualitas sedang (45,8%). Hasil ini menunjukkan bahwa ada sebagian siswa yang memiliki perilaku salah suai yang akan mempengaruhi konsep diri siswa tersebut.

References


Daryanto. (2010), Belajar dan Mengajar, Bandung : Yrama Widya. (Buku)

Djaali. H., (2009), Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara. (Buku)

Djamarah, S. B., (2011), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta. (Buku)

Djamarah, S.B., dan A. Zain, 2013, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Elmirawati, Daharnis, dan Syahniar. 2013. “Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan orangtua Dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya terhadap Bimbingan Konseling”. E-Journal Konselor, (Online), Vol. 2, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/871/726, diakses 2 Maret 2015).

Farozin. M., dan K. N. Fathiyah, (2004), Pemahaman Tingkah Laku, Jakarta : PT.Rineka Cipta. (Buku)

Hamalik, O., (2009), Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo. (Buku)

Kartini Kartono, (2003), Patologi Sosial, Jakarta : Rajawali Press. (Buku)

Kartini Kartono, (2006), Kenakalan Remaja, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.(Buku)

Zein, Y. A., dan Suryani. E., 2005, Psikologi Ibu dan Anak, Yogyakarta : F. Tramaya




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2971

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.