PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 07 AIRPURA

Arlina Yuza, Dini Susanti, Siska Wulandari, Ridania Ekawati, Desminar Desminar

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SDN 07 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam berdiskusi. Oleh karena itu berakibat kepada rendahnya hasil belajar peseta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based learning di kelas IV SDN 07 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 07 Airpura kabupaten pesisir selatan, dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanaan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini terus meningkat dari siklus ke siklus. Hasil RPP siklus I 75%, pada siklus II 86,25%. Aspek guru siklus I 79,69% pada siklus II 87,51%. Aspek siswa siklus I 76,57% pada siklus II 84,38%. Hasil belajar dari siklus I 69,56% pada siklus II 80,09%. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


References


Aqib. 2010. Penerapan model pembelajaran kooperatif make A Macth untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SDN kalibanteng kidul 01 semarang. Jurnal kependidikan. (Jurnal)

Arends. 2014. Efektifitas penggunaan model discover learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD. Jurnal basicedu. 2(1) : 110 (Jurnal)

Strategi pembelajran. Yogyakarta . parama ilmu.

Amir. 2009. model pembelajaran terpadu. Jakarta. PT bumi aksara. Burs.1999.penelitian tindakan kelas. Yoyagkarta. Penerbit andi.

Depdiknas. 2003. Model pembelajaran terpadu. Jakarta. PT bumi aksara.

Dewi, salma. 2007. Studi tentang prestasi belajar siswa dengan berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi jurnal komunikasi pendidikan 6 (2) : 74-79

Fowler, H.W dan laksimi prihantoro.1986. model pembelajaran terpadu. Jakarta. PT bumi aksara.

Hamruni. 2009. Strategi pembelajaran pendidikan. Bandung. PT remaja rosdakarya

Ilhat.2008. penelitian kualitaif dan kuantitatif. Jakarta : Bumi aksara. Kwan. 2009. model pembelajaran terpaduI. Jakarta. PT bumi aksara Nard dan Steplen. 2017. Strategi pembelajaran. Yogyakarta. Parama ilmu.

Nasution.2012. Hubungan kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa VII SMP Negeri ciseng. Jurnal teknologi pendidikan 2(2) :35

Permendiknas. 2006. Model pembelajaran terpadu. Jakarta. PT bumi aksara.

Rusma. 2014. Upaya meningkatkan hasil belajar dan keterampilan belajar dan keterampilan proses siswa melalui model problem based learning dikelas IV SDN. Jurnal basicedu. 3 (1) 47-52

Slameto. 2003. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe stand ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas 4 SD. Jurnal pendidikan 6(2) : 74-79

Sudjana. 2009. Hubungan kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa VII SMP Negeri ciseng. Jurnal teknologi pendidikan 2(2) :22-23

Slameto.1995. Penerepan media mad mapiing tipe networks tree untuk meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmupengetahuan sosial. 16 (2) : 54-57

Samatowa. 2006. Model pembelajaran terpadu. Jakarta . PT bumi aksara.

Sagala. 2010. Hubungan kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa VII SMP Negeri ciseng. Jurnal teknologi pendidikan 2(2) : 11

Tan,os. 2003. Pembelajaran sauintifik untuk kurikulum implementasi kurikulum 2013.jakarta. PT bumi aksara.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2935

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.