Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Minat Terhadap Motivasi Siswa di Miftahul Ulumi Syari’ah (MUS) Canduang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan antara pola asuh orang tua dan minat terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat fakta lapangan yang penulis temukan, peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah sedangkan perhatian orang tua sangat besar, dan adapula peserta didik yang memiliki motivasi rendah karena minat yang kurang terhadap pelajaran pesantren. metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional.
hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. pola asuh orang tua tdak memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik
2. minat belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik
3. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibutuhkan minat belajar yang tinggi dan sedikit peran orang tua, karena usia peserta didik sudah memasuki fase remaja.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Rohani (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Prasetyo. (2006). Lina miftaahul Jannah, metode penelitian kuantitatif. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandoko, Sri Esti Wuryani. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.
Eva Latipah. (2012) Pengantar Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pedagogia.
Hidayah, Siti Tsaniyatul. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Negeri Sindulan Temon Kulon Progo.. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Iskandar, (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru, Jakarta:Ciputat Gaun Persada Pers.
Maulana, Rifqy. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar di MTs Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Ngalim Purwanto. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nursyamsi. (2003). Psikologi Pendidikan, Padang: Baitul Hikmah Press
Oemar Hamalik. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Santosa dan Ashari. (2005). Analisis statistic Dengan MicrosoitEvcel dan SPSS PT. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Sardiman AM, (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sesilianus Fau. (2021). Pengaruh Minat Dan Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smps Kristen Bnkp Telukdalam T.P 2019/2020. Jurnal Education and Developmen Institud Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.9 No.2 543-548
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi,(Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Syamsu Yusuf. (2009). Program Bimbingan dan Konseling Disekolah. Bandung: Rizqi Press
Syamsu Yusuf. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
The Liang Gie. (2004). Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.
Youlinda Loviyani Putri, dkk. (2019), Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowermen. Volume 3 (2): 173-184
Yudhawati,Ratna dan Dany Haryanto. (2011). Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2728
Article Metrics
Abstract view : 178 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 307 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.