PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SMP N 2 TILATANG KAMANG

Alif Rila, Arifmiboy Arifmiboy, Supratman Zakir

Abstract


Berdasarkan observasi awal proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII di SMP N 2 Tilatang Kamang pada umumnya hanya menekankan pada pencapaian kurikulum dan penyampaian tekstual semata, serta kurang mengembangkan kemampuan dalam belajar. Untuk itu perlu adanya perubahan pola piker bagi pengelola pendidikan, terutama guru, sebagai ujung tombak pelaksanaan kurikulum yang langsung berhadapan dengan siswa, yaitu dengan salah satunya menerapkan Pendekatan Konstruktivisme.Tujuan penelitian ini natinya dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII di SMP N 2 Tilatang Kamang. Pengumpulan data di laksanakan dengan observasi, wawancara, Lembar Pengamatan. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupain formasi tentang proses dan hasil tindakan melalui hasil Pengamatan dan pencatatan setiap tindakand alam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Subjek penelitian adalah guru dan siswa terteliti. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menerapkan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar. Dari hasil belajar pada siklus I dengan Persentase ketuntasan belajar siswa adalah 66,04 %, dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar adalah 80,99 %. Jadi dapat diketahui dengan pendekatan kontruktivisme hasil belajar siswa meningkat dan siswapun merasa senang dengan menggunakan pendekatan ini.

References


Agama, P., & Yang, I. (2018). Uswatun Hasana. 1(1), 25–43.

Atmoko, T. (2017). Bab II kajian teori. BAB 2 Kajian Teori, 1, 16–72.

Djaelani STIAKIN, Hm. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 100.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Gide, A. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Gunawan, Z., & Rahmah, A. (2019). Contextual Teaching and Learning Approaches and Its Application in PAI Learning in School. Jurnal Pedagogik, 6(2), 557–592.

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Dididk Dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Tariqah, 1(2), 140–155.

Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung:, & Alfabeta, 2013. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Muhibbin, & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada.

Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–22. https://doi.org/10.29240/belajea.v5

Munawaroh, I. (2021). Pembelajaran 2. Karakter Peserta Didik. Modul Belajar Mandiri, 45–64.

Oviyanti, F. (2013). Inovasi Pembelajaran PAI Dengan Pengembangan Model. Jurnal Ta’dib, XVIII(01), 107–134.

Pai, P. (2021). Konstruktivisme sebagai implementasi pembelajaran pai. 13(02), 12–19.

Rahmah, N. I. (2017). Pemikiran Abraham Harold Maslow Tentang Motivasi & Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 31–49. http://repository.uinbanten.ac.id/514/5/BAB III.pdf

Saidah, Z. (2014). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Konstruktivisme Untuk Generasi Digital. 15.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2721

Article Metrics

Abstract view : 476 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1412 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.