PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF SISWA DI MIS PILADANG

Yeri Nofrianti, Arifmiboy Arifmiboy

Abstract


Seorang guru Pendidikan Agama Islam dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran apabila terjadinya perubahan kearah yang lebih baik dalam diri siswanya. Arah yang dimaksud disini adalah pada tiga ranah penting indikator guru dikatakan berhasil yaitu tercapainya aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Namun kenyataan hari ini dapat kita lihat guru hanya terfokus pada sisi kognitif dan psikomotor saja sementara ranah afektif sering terabaikan. Sehingga hari ini banyak kita lihat siswa yang cerdas secara intelektual dan dan memiliki keahlian, tetapi kurang baik dalam berprilaku. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Piladang. Dalam melaksanakan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian Field reseach atau studi lapangan dan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah melakukan usaha untuk meningkatkan ranah afektif siswa tetapi belum sepenuhnya maksimal seperti menjadi role model (contoh) bagi siswa, membina kerja sama dengan kepala sekolah, sesama guru, orang tua dan belum sepenuhnya melakukan berbagai perubahan dalam metode, strategi dan proses pembelajaran.  Di sisi lain meningkatkan ranah afektif siswa masih sangat sulit dilakukan guru PAI disebabkan oleh berbagai faktor seperti keluarga, lingkungan, dan masyarakat yang belum mendukung dalam pengembangan ranah afektif siswa

References


Anwar, S. (2011). STUDI REALITAS TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS. Pendidikan Agama Islam, 9(14), 145–159.

Astuti, A. D., Hasan, S., & Sodikin, A. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa MA. 8(1), 13–18.

Darul, S. M. P., & Jombang, U. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Siswa Kelas Ix. 1(1), 1–6.

Hambali, S. H. (2018). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar. Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(2), 41–55.

Huda, M. (2017). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI ). 11(2), 237–266.

Irwansyah, M., Diana Nsution, M., & Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2019). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Sistem Pendidikan Perspektif Hadits Nabawi. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2).

Manan, M. A. (2018). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MENINGKATKAN SUKOREJO SITUBONDO. JPII, 3.

Musaddad, A., Negeri, U. I., Thaha, S., & Jambi, S. (2020). Anwar musaddad.

Muslihah, E. (2014). Eneng Muslihah,. 1–128.

Napitulu, D. S. (2016). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF SISWA DI MAN 2 MODEL MEDAN. Tazkiya, V(2).

Ni’mah, K. (2014). KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI ( Telaah Kitab Ta ’ līm al-Muta ’ allim Karya az-Zarnuji dan Kitab Adāb al- ‘ Ālim wa al-Muta ’ allim Karya KH . Hasyim Asy ’ ari ). Pendidikan Agama Islam, XI(1).

Ningsih, T. (2015). Implementasi pendidikan karakter (A. W. B. S. dan A. Hidayat (ed.)). STAIN Press, Purwokerto.

Rumondor, P., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2020). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif Dan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Bongkudai. February.

Sapto Purnomo, W. (2014). ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANAMKAN RANAH AFEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 PENGKADAN). Vox Edukasi, 5(1), 56–65.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Tarbiyah Islamiyah, 1(c), 88–97.

Widianti. (2019). Tesis implementasi pendidikan agama islam dalam membangun nilai-nilai religius pada peserta didik smp muhammadiyah 3 metro. Tesis, 1–136.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2707

Article Metrics

Abstract view : 475 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 690 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.