Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams 365 Pada Pembelajaran PAI di Tengah Penyebaran Covid-19
Abstract
Pademi covid-19 menyebabkan perubahan tatanan kehidupan manusia pada semua sektor. termasuk pendidikan yang tidak memugkinkan terlaksananya pembelajaran secara tatap muka (konvensional) sebagaimana selama ini. Upaya mencerdaskan generasi tetap harus diteruskan. Ini merupakan sebuah tantangan bagi SMA Negeri 1 sebagai lembaga pendidikan yang dipercaya menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Pada masa penyebaran virus Covid-19, pembelajaran secara dalam jaringan ( on-line ) adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi keterbatasan pembelajaran tatap muka. Agar pembelajaran dalam jaringan ( on-line ) dapat mencapai tujuan, perlu adanya kreatifitas pendidik dalam menggunakan platform pembelajaran yang banyak ditawarkan.Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran efektifitas penggunaan platform pembelajaran PAI yang dilaksanakan dalam jaringan ( on-line ) di SMA Negeri 1 Bukittinggi, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di sekolah. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Bidang Kurikulum dan Guru PAI. Data dikumpulkan melalui wawancara dan pemantauan langsung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis Miles & Hiberman Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Fasilitas yang dimiliki pendidik dan peserta didik sangat memadai untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan ( on-line ) melalui Microsoft Teams 365. (2) Kompetensi pendidik PAI di bidang IT cukup tinggi sehingga memudahkan untuk beradaptasi dengan teknologi pendukung pembelajaran on-line pada platform Microsoft Teams 365. (3) Respon peserta didik mengikuti pembelajaran virtual sangat baik melalui kehadiran maksimal
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andrianto Pangondian, Roman, Paulus Insap Santosa, and Eko Nugroho. 2019. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” Sainteks 2019: 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.
Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7(4): 281.
Monawati., Monawati, and Fauzi Fauzi. 2018. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pesona Dasar 6(2): 33–43.
N, Zulkifli, Nurmayanti, and Handy Ferdiansyah. 2021. “Efektifitas Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Edumaspul 5(1): 71–77.
Rachmawati, Tutik. 2017. “Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif.” UNPAR Press (1): 1–29.
Rahayu, Aryuna Dini, and Mohammad Syahidul Haq. 2020. “Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9(1): 186–99.
RI, Kementerian Agama. 2020. “SKB 4 Menteri Perubahan SKB Sebelumnya Tentang Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19.” : 1–42.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2): 109–19.
Sourial, Nadia, Cristina Longo, Isabelle Vedel, and Tibor Schuster. 2018. “Daring to Draw Causal Claims from Non-Randomized Studies of Primary Care Interventions.” Family Practice 35(5): 639–43.
Suci, Mimi Permani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun.” Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 1(2): 59–68.
Susilaningsih, Siswandari &. 2013. “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik the Effect of Teacher Sertification Toward the Improvement of Students’ Learning Quality.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 19(4): 487–98.
DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.2701
Article Metrics
Abstract view : 268 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 650 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Supported by Association
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.