Pengaruh Disiplin Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FAI UM Sumatera Barat Tahun Ajaran 2022/2021

Dini Susanti, Reni Nastuti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini dilakukan setelah melihat fenomena-fenomena yang telah terjadi pada mahasiswa PGMI FAI Um Sumatera Barat setelah melakukan observasi. Hasil observasi menemukan bahwa terdapat mahasiswa yang belum disiplin dalam belajar dan masih kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Peneliti ingin mengetahui  apakah terdapat pengaruh disiplin dan aktivitas belajar ini terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar mahasiswa PGMI, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa PGMI, (3) pengaruh disiplin dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa PGMI. Instrumen penelitian untuk meneliti kedisiplinan dan aktivitas terhadap hasil belajar adalah teknik angket yang dimana telah disediakan alternatif-alternatif jawaban yang telah disediakan. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGMI tahun ajaran 2020/2021.

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Cetakan ke tiga belas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Enita. 2016. Peningkatan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas V SD Negeri 1 Singosari Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Fadlillah & Lilif. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Karwati & Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Ma’sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa. 2005. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Musbikin, Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Pekanbaru Riau:

Zanafa Publishing.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT

Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudirman, dkk. 2010. Ilmu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algasindo

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakara: PT Bumi Aksara. Suprihatiningrum, Jamil. 2007. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasinya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media (Cetakan ke II)

Sutisna, Oteng. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim. 2017. Buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Agama Islam. Padang: FAI UMSB

Tim Penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Wiyani, N.A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2640

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.