STRATEGI PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR UNTUK MENDUKUNG KECERDASANNYA

Mahmud mahmud, Abdal Fajri

Abstract


Setiap anak memiliki keunikan yang merupakan akibat dari reaksi atas dirinya, permasalah perkembangan dan faktor lingkungan, akibatnya anak sering murung, tempramen, nakal dan sering sekali mengganggu proses pembelajarannya. Karenanya penelitian ini focus pada pengaruh perkembangan emosi pada peserta didik tingkat sekolah dasar dengan metode studi pustaka melalui analisis isi (content analysis) dan interpretasi isi (content interpretation). Hasil penelitian ini berhasil mendapati bahwa diperlukan beberapa perhatian terhadap anak usia sekolah dasar diantaranya kondisi kesehatan, suasana rumah, hubungan dengan anggota keluarga, hubungan dengan teman sebaya, perlindungan aspirasi orang tua, serta cara mendidik dan bimbingan orang tua. Selanjutnya keseimbangan emosi juga dapat diperoleh melalui cara pengendalian lingkungan dengan tujuan agar emosi yang tidak atau kurang menyenangkan dapat cepat diimbangi dengan emosi yang menyenangkan, serta kemampuan mengembangkan toleransi terhadap emosi.

References


Arikunto, Suharsimi, 2009, Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta,

Bakker, Anton, 1998, Metode Penelitian Filsafat, Yogyakarta: Kanisius

Fatimah, Psikologi (Perkembangan Peserta Didik), (Bandung: Pustaka Setya, 2006), hlm. 75

file:///C:/Users/Putri/Documents/bahan%20perkemebangan%20emosi%20anak.pdf. Diakses pada Tanggal 27/03/2017

Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, (Jakarta:Kencana, 2011), hlm. 190

Kurnia, Ingridwati, dkk, Perkembangan Belajar Peserta Didik, (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 2.29.

Mashar, Riana, Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), hlm. 16

Santrock, John.W Perkembangan anak, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007), hlm.6

Setyobroto, Sudibyo, 2004. Psikologi Suatu Pengantar. (Jakarta: Solo Percetakan, 2004), hlm.125

Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2014),hlm. 115

Yusuf, Syamsu. Teori Kepribadian. (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2008), hlm. 105




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2479

Article Metrics

Abstract view : 1756 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 6557 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.