Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual Pada Kelas IV MIN 1 Kota Padang

Dini Susanti, Rika Apriani

Abstract


Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan di kelas IV MIN 1 Kota Padang. Dalam pembelajaran guru masih ada yang belum menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terkadang membuat siswa bosan, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam mengeluarkan pendapat, sehingga dapat mengakibatkan rendah hasil belajar siswa. Mengikuti mata pelajaran IPA menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan media Audio Visual sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mencapai hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 1 Kota Padang, dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 16 Laki-laki dan 14 Perempuan tahun ajaran 2019/2020 penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus.Dimana hasil RPP siklus I dengan nilai rata-rata 75 % pada siklus II dengan nilai rata-rata 85 % dari aspek guru pada siklus I dengan nilai rata-rata73,21 %, pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,92 %, dari aspek siswa pada siklus I dengan rata-rata dengan nilai rata-rata 62,5%, pada siklus II dengan rata-rata 80%. Hasil belajar pada siklus I hal ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 63,37 %, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,202 %, dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, Media Audio visual

References


REFERENSI

Agustina, N. 2011 Media dan Pembelajaran. Palembang : Universitas Sriwijaya

Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Kencana Prenadamedia Group

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S (2013) Prosedur Penelitian : Suatu Pendakatan Praktek. Jakarta : Rhieka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Rersada.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi AksaraJakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran.. PT Raja Grafindo Persada. Jakart

Darmawan, Deni. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Kasiram, Mohammad 2008 Metode Peneitian Kuantitatif-Kuaitatif. Malang : UIN Malang Press

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Kemendikbud. Jakarta

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ey. 2013. Metode Penelitan Kuantitatif.Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Rusman. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar . Jakarta : PT. Bumi Aksara

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Professionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press

Sudjana , Nana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Algesindo.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. CV

Sanjaya, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono , 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan dan R dan. Bandung :Alfabeta

Sudjana, Nana, Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaj Rosdakarya, 2009.

Sudjana, Nana (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. (Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (cetakan ke-17). Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. Sudjana, N. dan Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan. Bandung :Alfabeta

Sugiyono. (2014) metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi (mixed Methods) Bandung :Alabetas

Sumarno. (2011 : 12) Langkah-langkah Media Audio Visual. Bandung:Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i2.2325

Article Metrics

Abstract view : 1335 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3720 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.