Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV SD

Pori Pori Susan ti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SDN 10 Koto Jua, dimana proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPA menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, implementasi dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian, pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua.

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2014. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Nono, Sutarno. (2015). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: UT

Paul, Suparno. (2010). Filfilsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Boston:Pustaka Filsafat.

Sumiati dan Asra. (2013). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Theresia K. Brahim. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Sains. Jurnal Pendidikan Penabur - No.09/Tahun ke-6/Desember 2007 37 Tersedia dalam (http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%2037-49%20Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20Sains.pdf/, diakses pada 4 November 2018)

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkatb Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1542

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.