MODULISASI KITAB KUNING BIDANG FIQH BERBASIS MATERI UAM DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM AIR PACAH

mahyudin ritonga

Sari


Permasalahan utama penelitian ini ialah berkaitan dengan fenomena penggunaan kitab kuning yang beranekaragam sebagai bahan ajar yang berorientasi pada pendalaman gramatika bahasa sementara aspek isi dari sumber belajar jarang tercapai, padahal pengetahuan isi tersebut dibutuhkan santri pada saat Ujian Akhir Madrasah nantinya. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang berorientasi pada materi UAM tingkat Tsanawiyyah. Pendekatan yang digunakan ialah research and development dengan metode penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap pelaksanaan. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan ialah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermas. Dari studi pendahuluan diketahui bahwa materi kitab kuning yang perlu dikembangkan ialah hadas dan najis, shalat lima waktu dan hal-hal yang berkaitan dengannya, zikir dan doa, sujud, puasa, zakat, haji dan umrah, sedekah, hibah, dan hadiah, makanan yang halal dan haram, penyembelihan binatang, kurban dan akikah, jual beli dan qirad, riba, pinjam-meminjam, hutang-piutang, gadai, upah, pengurusan jenazah, ketentuan waris. Dalam mengembangkan materi-materi tersebut dengan tetap berbentuk kitab kuning peneliti melakukan kajian terhadap kitab-kitab kuning yang memuat materi tersebut yang kemudian menyusunnya dalam bentuk modul. Hasil uji coba, penilaian ahli menunjukkan materi yang dikembangkan lebih mudah dipahami santri dengan tetap menjaga kemampuan gramatika bahasa Arab.

 

Kata Kunci: pengembangan; modul; kitab kuning; fiqih; UAM


Teks Lengkap:

Hal. 1-13

Referensi


Abdul Haris (Santri), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 6 Mei 2017.

Akmaluddin (Kepala MA), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 4 Mei 2017.

al-‘Ali, Wazarat al-Ta’lim. 2008. Al-Wihdat al-Takhthith al-Istiratijiyah. Kairo: Masudah.

Ali, Mohammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.

Arifin (Guru), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 6 Mei 2017.

Basal, Ahmet. 2014. ELT Teachers as Online Material Developers. Journal of Distance Education and e-Learning, Vol. 1, No. 2: 8-12.

Borg, WR & M.D Gall. 2003. Educational Research: An Introduction (Fourth Edition). New York: Longman Inc.

Bruinessen, Van Martin. 1995. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.

Darmis (Pimpinan Ponpes), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 4 Mei 2017.

DeWitt, Dorothy dan Saedah Siraj and Norlidah Alias. 2014. Collaborative mLearning: A Module for Learning Secondary School Science. Journal International Forum of Educational Technology & Society (IFETS), Vol. 7, No. 1: 89-101

Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Dhofier, Zamakhsary. 1994. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiya. Jakarta: LP3S.

Gazali, Bahri. 2003. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti.

Hafizh (Santri), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 5 Februari 2018.

Handayani, Sri. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pengujian di Laboratorium sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi: Prociding APTEKINDO, Bandung: UPI.

Kobul (Santri), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 5 Februari 2018.

Mahfudh, Sahal. 1994. Nuansa Fiqih Sosial. Yogyakarta: LKiS.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri (Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan). Yogyakarta: Teras.

Morrison, G. R. 2004. Designing Effective Instruction. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Muspawi, Mohamad. 2014. Profesionalitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol. 17, No. 1: 57-62.

Rahardjo, M. Dawam. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M.

Rahman, Abd. 2012. Pesantren dan Kitab Kuning. Jurpertais Iqra, Vol. XI, No. 2: 14-28.

Rhepan, Sarleni. 2014. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Brosur Bimbingan Belajar dan Diskusi Kelompok pada Siswa SMP. Journal PSIKOPEDAGOGIA, Vol. 3, No.1: 30-38.

Richards, J.C. and T.S Rodgers. 1986. Approaches and Methodes in Language Teaching: A Description and Analysis. London: Cambridge University Press.

Ritonga, M. (Universitas M. S. B. (2017). Pengaruh Klasifikasi Ilmu Terhadap Kurikulum PAI dalam Perspektif Ulama. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 001–024. Retrieved from http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/ EDUKASI/article/view/287

Robinson Jr, Jerry W. 1972. Learning Modules A Concept for Extension Educators. Journal of Extension, Vol. 15, No. 2: 35-44.

Rohim (Santri), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 6 Mei 2017.

Sa’bani, Faizuz. 2017. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 2, No. 1: 13-22.

Sabaruddin (Guru), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 6 Mei 2017.

Sarwedi (Santri), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 5 Mei 2017.

Srisawasdi, Niwat. 2015. Evaluation of Motivational Impact of a Computer-Based Nanotechnology Inquiry Learning Module on the Gender Gap. Journal of Nano Education, Vol. 7, No. 1: 28-37.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Syofyan (Guru), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 6 Mei 2017.

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Vembriarto, St. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

Walsh, Angela. 2010. Teaching Learning Principles. Colo: Competency & Credentialing Institute.

Usman (Guru), wawancara oleh Mahyudin Ritonga. MTs Darul Ulum Air Pacah. Tanggal 4 Mei 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.