ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI STANDAR KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI SUMATERA BARAT

sakban sakban

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian implementasi kebijakan standar kompetensi manajerial kepala Madrasah Aliyah Negeri di Privinsi Sumatera Barat. .Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya kajian perilaku manajerial kepala madrasah.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data juga dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Sumatera Barat dengan jabaran subjek penelitian (1) Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang, (2) Madrasah Aliyah Negeri Padusunan, (3) Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang.

Hasil penelitianini: 1) Hasil Implementasi kebijakan Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang sudah dilaksanakan secara optimal. Hasil Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri Padusunan belum dilaksanakan secara optimal. Hasil Implementasi Standar Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri Lembah Melintang belum dilaksanakan secara optimal. Implikasinya adalah kepala madrasah dituntut untuk senantiasa melakukan peningkatan kompetensi manajerial yang dimilikinya secara terus menerus dengan cara mengikuti workshop, pelatihan, seminar-seminar dan lain-lain, sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara optimal.


References


Mulyasa, Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah, (Jakarta: Bumu Aksara, 2014), hal. 9

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Th. 2003), (Jakarta: Sinar Grafika, 2014), hal. 225.

Monahan, W.G. dan H.R. Hengst, Contemporary Edicational Anminisfration, (New York: Macmilan Publishing Co, Inc., 2010), hal. 9

Dye, Thomas R. Public Analysis (Alabama : University Of Alabama Press, 2011), hal. 1

James P. Lester & Josep Stewar, Jr. Public policy: An Evolutionary Apporach, (Belmon, CA: Wadsworth, 1997), hal. 4

Pal, Leslie, A, Public Policy Analysis: An Introduction, (Ontario: Nelson Canada, 2008). hal. 2

David Easton, The Political System, (New York: Knopf, 2011), hal. 129

Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan Yang Unggul, (Yoyakarta: Pustaka Pelajar, 2008), hal. 35-36

Mark Olsen, John Codd, dan Anne-Marie O’Neil, Education Policy: Globalization, Citizenship and Democracy, (Londo: Sage, 2011)

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organizing), Bandung : Alfabeta, 2009), hal. 28

Guy R. Lefrancois, Theories of human Learning, (Kro: Kros Report, 2011), hal. 5

Mochtar Effendy, Manajemen: Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam, (Jakarta: Bhatara Karya Aksa, 2012), hal. 6

Fridreck Taylor W, Scientific Management, (New York: Happer and Breos, 2014), hal. 2

Dimeck, The Executive in Action, (New York: Happer and Breos, 2013), hal. 10

R.W. Mondy, Sharplin, dan Filippo, Management, Concept and Practices, (Boston: Allyn and Bacon, 2011), hal. 9

Nasution, S, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 2008), hal. 26)

McMillan, James H. & Sally Schumacher, Reacarch In Education: A Conceptual Introduction, (New York: Addison Wesley Longman Inc, 2010), hal. 581




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v1i2.957

Article Metrics

Abstract view : 295 times
hal 1-11 (Bahasa Indonesia) - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.