PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP SIKAP DAN SIFAT PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA PADANG

ilham ilham

Sari


Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di sekolah sudah berjalan lama, namun pengaruhnya terhadap perbaikan prilaku dan kepribadian peserta didik masih jauh dari apa yang diharapkan terutama terkait sikap dan sifat peserta didik yang masih terlihat tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang peserta didik. Hasil pengamatan lapangan dari objek penelitian yaitu SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3, sikap dan sifat peserta didiknya terlihat tidak disiplin, melanggar aturan sekolah, berkata tidak baik kepada sesama teman, tidak hormat kepada guru, membuang sampah tidak pada tempatnya serta terlibat dalam tauran antar sekolah, untuk itu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diharapkan dapat menjadi solusi dalam pembentukan sikap dan sifat peserta didik di sekolah. 


Teks Lengkap:

PDF 24-36

Referensi


Abuddin Nata, Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005) hal, 30

Agus Fakhruddin, Manajemen Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah, Jurnal.pdf.

Arief Furchan, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (Jakarta : Pustaka Pelajar 1982)

Ardhana, I Wayan, Beberapa Metode Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Depdikbud : 1982)

Danang Sunyoto, Uji KHI Kuadrat & Regresi untuk Penelitian, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006)

Husaini, Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMA 1 Lubuk Sikaping tahun 2012,(PPs-UMSB : 2012)

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta : Rajawali Pers, 2010)

Muhibbinsyah, Psikologi Belajar, (Jakarta : Rajawali Pers, 2013)

Muri Yusuf, Statistik Pendidikan, (Padang : IKIP Padang Press, 1986)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005)

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, (Jakarta : Bumi Aksara, 2011)

Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Jakarta : Bumi Aksara, 2006) hal, 57

Ngalim Purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung : Remaja Rodakarya, 2002), hal 193

Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), (Bandung : Bumi Aksara, 1982)

Ibnu Hajar, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, (Jakarta : PT. Rajagrafindo, 1999)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 81 A Thn 2013 tentang Implementasi Kurikulum –Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : Dj.1/12A Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah

Perry Roy Hilton and Charlotte Brownlow, SPSS Explained, (East Sussex : Routledge, 2004), p. 364

Ramayulis, Psikologi Agama, (Jakarta : Kalam Mulai, 2002)

Suharmi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2002, Cet, Kel-12

Sutrisni Hadi, Statistik, (Jakarta : Andi Offset, 2001), jilid 2

Sumadi Suryabrata, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : Rajawali Pers, 2012)

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2003), Bandung : Mimbar Maju, 2002) hal, 33

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat, Metodologi Penelitian, (Bandung : Mandar Maju, 2002), hal 33

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : PT. Rajawali Press, 2013)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta : Renika Cipta, 2010), hal, 190-191

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), (Bandung : Alfabeta, 2012), hal, 109

Sebastian Rainsch, Dynamic Strategic Analysis : Demystifying Simple Success Strategies, (Wiesbaden : Deutscher Universitasts-Verlag, 2004) p.167

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung : Fokus Media, 2003)

http://faannas.blogspot.com/2012/02,kamis,jam 21.57


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.