PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL DARUL TAQWA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Mardalena Mardalena

Abstract


 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pembentukan karakter anak, apabila pembentukan karakternya terlanjur salah, maka akan berdampak terhadap karakternya di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber datanya adalah guru, orangtua, kepala sekolah dan wakil kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pendidikan karakter terhadap anak usia dini di Raudatul Athfal Darul Taqwa adalah berupa penyusunan materi yang terdiri dari materi akidah, ibadah dan karakter, penggunaan metode pendidikan karakter seperti belajar sambil bermain seperti dongeng, nyanyian dan semboyan, memberi contoh teladan berkarakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter terhadap anak usia dini adalah menceritakan perilaku anak nakal dan akibatnya, memberikan contoh bersikap dan bertindak secara individual. Kendala guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter terhadap anak usia dini ialah rendahnya pendidikan orangtua dan kurangnya kepedulian orangtua terhadap pembinaan karakter anak,  lingkungan pergaulan anak. Upaya guru mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan karakter adalah bekerjasama dengan orangtua dalam membinanya sehingga orangtua lebih peka terhadap karakter anak dan mengawasinya.

Kata Kunci: Pelaksanaan, pendidikan karakter, anak usia dini


References


A, Doni Keosoma, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2007.

Ahmadi, Abu, Ilmu Jiwa Anak, Bandung : Bulan Bintang, 1989

Al-Ja’fi, Muhammad bin Ismail Abu Abdullah Al-Bukhari, Jami’ Ash-Shahih al-Muktasar (Shahih Al-Bukhari), Beirut : Dari Ibnu Katsir, 1987.

Arifin, M. Hubungan Timbal Balik Pendidikan di Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang, 1971.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1984.

Hasibuan, JJ. Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro, Bandung: Remaja Karya, 1989.

Husen, Achmad & dkk, Model Pendidikan Karakter Bangsa, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Jamaris, Martini, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta : PT.Gramedia Widia Sarana, 2006.

Kurnawati, Ida. Konsep Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam, Salatiga: Jurusan Tarbiyah Pendidikan Islam Negeri Salatiga, 2013.

Majid, Abdul dan Andayani, Dian, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Nugroho, Hery. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam, Semarang: Program Magister (S2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, 2012.

Poerwodarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Purwanti, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren dalam Pemelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ali Maksum Yogyakarta,Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2014.

Tim Redaksi Tessaurus Bahasa Indonesia. Tesaurus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v1i1.821

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.