Portofolio-Based Islamic Education Learning in the Discourse of Character Building at Al-Azhar Muhammadiyah Sukamenanti Junior High School
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid dan Diyan Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2011).
Amirullah Syarbini,. Buku Pinter Pendidikan Karakter. (Jakarta: Prima Pustaka, 2012).
Anonim. Pedoman Penilaian dengan Portofolio. (Jakarta: Depdiknas, 2004).
Arnie Fajar, Portofolio Dalam Pembelajaran IPS, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009).
Bambang Prasetyo & Lina MJ, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Raja Grafindo, 2005).
Boediono. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2002)
Budimansyah, Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio, (Bandung: PT Genesindo, 2002).
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo, 2007)
Doni koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global, (Jakarta Grasindo, 2010)
Doni Koesoema A. Pendidikan Karakter. di Zaman Keblinger. (Jakarta: Grasindo, 2009).
Fajar, A. Portofolio dalam Pelajaran IPS, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2002).
Faridatul Munawaroh , 2011, Penerapan Model Pembelajaran Portofolio Dalam Pendidikan,
Fathul Muin, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. (Yogyakarta: Ar Ruzz, 2011).
Kemdiknas, B. P. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.( Jakarta: Kemdiknas, 2011
Kemdiknas. Desain Induk pendidikan Karakter. (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010).
Lickona, Thomas. Character Matters. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).
Lexy J. Maleong, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Rosda Karya, 2012)
Mansur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Mansur Muslich. Pendidikan karakter, Menjawab tantangan krisis multidimensional. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).
Marzuki. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, (2012).
Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Padang:2013).
Prayitno dan Belferik Manulang, Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa, (Jakarta : PT Grasindo, 2011).
S. Nasution, Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung. Tarsito: 1996).
Sanjaya, W., Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran , (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008).
Sofyan Sauri dan Achmad Hufad. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Bandung: FIP UPI, 2007).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktik, (Jakarta:P.T. Rineka Cipta:2010).
Wyaatt III, R.L. & Looper, S. 1999. So You Have to Have A Portfolio, a Teacher’s Guide to Preparation and Presentation. California: Corwin Press Inc.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2011).
Dewi Ratih, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pkn kelas VB SD Bantul Timur, 2017.
Kompas, Pendidikan Karakter Mendesak, edisi sabtu, 20 februari 2010
Listyawati Sri Indyah, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menggambar Gerak Animasi 2 Dimensi Pada Siswa Kelas X Smkn 9 Surakarta, 2011
Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah. 2004, Direktori Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Yogyakarta : Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah.
Sartono. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Disertasi, (2011).
Wawancara dengan bapak Syumarlin, tgl 28 agustus 2020
Zuriah, N. 2003. Portofolio dan Penerapannya dalam Pembelajaran CE, Makalah disampaikan dalam Pelatihan Stakholders Pengembangan Civic Education di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 4-8 Agustus 2003.
DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v6i1.4131
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.