KONTESTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA ORDE BARU DAN REFORMASI

Lukis Alam

Abstract


Kebijakan pendidikan yang dibuat pemerintah Orde Baru terkesan menanaktirikan dan hampir saja mengisolasi kepentingan pendidikan Islam. Sejalan dengan itu umat Islam dirasa memiliki kepentingan dalam berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan. Secara global, era awal Orde Baru hanya melanjutkan dan memperkuat kebijakan Orde Lama. Dalam pada itu, Orde Baru melihat pendidikan Islam sebagai sesuatu yang terpisah dari sistem pendidikan nasional sehingga cenderung tidak memberikan ruang gerak yang luas dan menjadi alat kepentingan penguasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada analisa kebijakan, dengan objek kajian pada kebijakan pendidikan Islam era Orde Baru dan Reformasi, dengan pendekatan kajian kepustakaan. Sedangkan teknik analisa menggunakan metode konten analisis, sehingga saya mengupayakan seleksi sumber kepustakaan yang berisi teks dan tulisan yang dijadikan sumber dalam rangka menarik kesimpulan mengenai kebijakan pendidikan Islam Orde Baru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana kebijakan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan kebijakan pendidikan Islam era Orde Baru. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kebijakan-kebijakan pendidikan Islam Orde Baru dipengaruhi oleh kepentingan politik, di samping itu juga adanya pengaruh dari modernisasi pendidikan Islam dan kecenderungan dikotomik pendidikan Islam itu sendiri. Oleh karena itu, dalam konteks apapun, penguasa memiliki kekuatan dan pengaruh luar biasa dalam menentukan segalam macam kebijakan, termasuk pendidikan Islam. Penguasa dapat membuat kebijakan model apapun tanpa harus berdiskusi dengan pihak lain dan bila hal itu benar menurut pandangannya sendiri, maka kebijakan yang telah dibuat dapat diputuskan dengan cepat.
Kata Kunci Pendidikan Islam; Orde Baru; Kepentingan

References


Abdullah, A. (2013). Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah : Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia . Susurgalur : Jurnal Kajian Sejarah dan Pendidikan Sejarah , 224.

Abidin, Z. (2003). Peta Islam Politik Pasca Soeharto. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Ali, F. (1984). Islam, Pancasila dan Pergulatan Politik. Jakarta: Pustaka Antara.

Anwari, A. (2010). Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrohah, H. (2005). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Assegaf, A. R. (2004). Pergeseran Kebijakan Pendidikan Nasional Bidang Agama Islam 1900 – 1942. Yogyakarta: PPs UIN Sunan Kalijaga.

Aziz, A. A. (1999). Neo-Modernisme Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azra, A. ( 2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Azra, A. (2002). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di tengah tantangan Milenium III . Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Danim, S. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmaningtiyas. (2004). Membongkar Ideoogi Pendidikan, Jelajah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Resolusi Press .

Daulay, H. (2004). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Djamas, N. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Rajawali Press.

Fachry Ali, B. E. (1986). Merambah Jalan Baru Islam Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Orde Baru. Bandung: Mizan.

Fuad, A. Z. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Surabaya: Surabaya.

Huda, N. ( 2007). Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Kelly, A. (2004). The Curriculum Theory dan Practise. London: 2004.

Kemendiknas. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.

Maksum. (1999). Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muarif. (2008). Liberalisasi Pendidikan. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mulyani. (2010). Sistem Pendanaan Sekolah yang berkeadilan. Jakarta: Indraprasta.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2001). Persfektif Islam Tenag Pola Hubungan Guru dan Murid. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidian Islam : pendekatan Historis dan Praktis. Jakarta : Ciputat Press.

Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam . Jakarta: Kencana.

Nugroho, R. (2014). Metode Penelitian Kebijakan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugroho, T. (2003). Pasang Surut Hubungan Islam dan Negara Pancasila. Yogyakarta: Padma.

Nugroho, T. (2003). Pasang Surut Hubungan Islam dan Negara Pancasila. Yogyakarta: Padma.

Rahim, H. (2005). Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: Logos.

Sanaky, H. (2003). Paradigma Pendidikan Islam : Membangun Masyarakat Madani. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sarnoto, A. Z. ( 2012). Konsepsi Politik Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild Vol. 01. No. 1 .

Shabir, M. (2013). Kebijakan Pemerintah dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan , 166 – 177.

Shofan, M. (2004). Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ircisod.

Sirozi, M. (2007). Politik Pendidikan danDinamika Hubungan antara Kepentingan Kekuasaan dan Politik Penyelenggara Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soebahar, A. H. (2013). Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonasi Guru sampai UU Sisdiknas . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurikulum Modern. Jakarta: LP3ES.

Sudjana, N. (1991). Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah Masalah Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Syarif, A. (1995). Pengenalan Kurikulum Sekolah dan Madrasah. Bandung: Citra Umbara.

Zuhairini, d. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i2.2223

Article Metrics

Abstract view : 2230 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.