KONTESTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA ORDE BARU DAN REFORMASI
Abstract
Kata Kunci Pendidikan Islam; Orde Baru; Kepentingan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, A. (2013). Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah : Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia . Susurgalur : Jurnal Kajian Sejarah dan Pendidikan Sejarah , 224.
Abidin, Z. (2003). Peta Islam Politik Pasca Soeharto. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Ali, F. (1984). Islam, Pancasila dan Pergulatan Politik. Jakarta: Pustaka Antara.
Anwari, A. (2010). Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asrohah, H. (2005). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Assegaf, A. R. (2004). Pergeseran Kebijakan Pendidikan Nasional Bidang Agama Islam 1900 – 1942. Yogyakarta: PPs UIN Sunan Kalijaga.
Aziz, A. A. (1999). Neo-Modernisme Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azra, A. ( 2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di tengah tantangan Milenium III . Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Danim, S. (2003). Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmaningtiyas. (2004). Membongkar Ideoogi Pendidikan, Jelajah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Resolusi Press .
Daulay, H. (2004). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Djamas, N. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Rajawali Press.
Fachry Ali, B. E. (1986). Merambah Jalan Baru Islam Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Orde Baru. Bandung: Mizan.
Fuad, A. Z. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Surabaya: Surabaya.
Huda, N. ( 2007). Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Kelly, A. (2004). The Curriculum Theory dan Practise. London: 2004.
Kemendiknas. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Maksum. (1999). Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos.
Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muarif. (2008). Liberalisasi Pendidikan. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Mulyani. (2010). Sistem Pendanaan Sekolah yang berkeadilan. Jakarta: Indraprasta.
Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2001). Persfektif Islam Tenag Pola Hubungan Guru dan Murid. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidian Islam : pendekatan Historis dan Praktis. Jakarta : Ciputat Press.
Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam . Jakarta: Kencana.
Nugroho, R. (2014). Metode Penelitian Kebijakan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nugroho, T. (2003). Pasang Surut Hubungan Islam dan Negara Pancasila. Yogyakarta: Padma.
Nugroho, T. (2003). Pasang Surut Hubungan Islam dan Negara Pancasila. Yogyakarta: Padma.
Rahim, H. (2005). Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: Logos.
Sanaky, H. (2003). Paradigma Pendidikan Islam : Membangun Masyarakat Madani. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Sarnoto, A. Z. ( 2012). Konsepsi Politik Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild Vol. 01. No. 1 .
Shabir, M. (2013). Kebijakan Pemerintah dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan , 166 – 177.
Shofan, M. (2004). Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ircisod.
Sirozi, M. (2007). Politik Pendidikan danDinamika Hubungan antara Kepentingan Kekuasaan dan Politik Penyelenggara Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soebahar, A. H. (2013). Kebijakan Pendidikan Islam dari Ordonasi Guru sampai UU Sisdiknas . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurikulum Modern. Jakarta: LP3ES.
Sudjana, N. (1991). Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah Masalah Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Syarif, A. (1995). Pengenalan Kurikulum Sekolah dan Madrasah. Bandung: Citra Umbara.
Zuhairini, d. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i2.2223
Article Metrics
Abstract view : 2251 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1342 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.