MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1 DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SMAN 1 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Armi Gusvita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII MIPA1 di SMAN 1 Batang Anaitahun pelajaran 2017 / 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Penelitian dilaksanakan di kelas XII MIPA1 dengan jumlah siswa 35 orang penelitian di laksanakan dalam dua siklus . dengan materi menganalisis ketentuan hukum islam dalam keluarga. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan pengumpulan data. Hasil dari pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu (1) Pembelajaran dengan penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII MIPA1 SMAN 1 Batang Anai. Berdasar hasil analisis lembar observasi Keaktifan belajar siswa: (a) Aktivitas bekerjasama memecahkan masalah siswa mengalami peningkatan dari 11% pada siklus I menjadi 20% pada siklus II. Terjadi peningkatan peningkatan sebesar 9%. (b) aktivitas kerjasama mencari data siswa mengalami peningkatan dari 9% pada siklus I menjadi 26%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 17%.(c) Aktivitas bekerjasama dalam mencari jawaban dari 8%, pada siklus I menjadi 14% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 6%. (d) Aktivitas belajar siswa bekerjasama mencari kebenaran dari 14%, pada siklus I menjadi 17% pada siklus II terjadi sebesar 3%. (e) Aktivitas dalam kerjasama menyimpulkan materi, dari 11%, pada siklus menjadi 14%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 3%. (f) Aktivitas Kreatif dalam kelompok, dari 12%, pada siklus I menjadi 26% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 14%.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatan aktifitas belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Batang Anai.
Kata kunci: Aktifitas belajar, peningkatan, problem solving

Teks Lengkap:

hal 35-46

Referensi


Aisyah dkk, Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Depdikna, 2005.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Firmansyah, Surjani Wonorahardjo, Munzil Arief, Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Web Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Sain, Vol. 4, No. 2, 2016, pp. 65-72

Isjoni, Coverative Learning. Bandung: Alfabet, 2012.

Jamarah dan Zain, Sstrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Jhoseph, Mbulu. Pengajaran Individual Pendekatan Metode dan Media Pedoman Mengajar Bagi Guru dan Calon Guru. Malang: Yayasan Elang Emas, 2001.

Permatasari, Neng Yani, Margana, Akhmad. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Treffinger (Studi Penelitian Eksperimen di SMP Al-Hikmah Tarogong Kaler Garut) (STKIP Garut Tahun 2012/2013), Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, 2013, pp. 31-42.

Ritonga, Mahyudin. Desain Bahan Ajar Bahasa Arab Sains dengan Pendekatan Whole Language, Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 1, 2017, pp. 01-24.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Learning, 2005.

Sardiman, A. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Suharsimi Arikunto ddk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sujiyono, Anas. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Suprijono, Metode dan Model-model Belajar. Bandung: Alfabet, 2012.

UU RI 2003 No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.