PENGARUH KUALITAS PELAYANAN RECEPTIONIST TERHADAP KEPUASAN TAMU UNTUK MENCAPAI MINAT PEMBELIAN ULANG DI HOTEL PUSAKO BUKITTINGGI

NI PUTU FANNY INDAH PUTRI

Sari


penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya tingkat persaingan industri perhotelan di Indonesia yang semakin ketat. Banyaknya hotel di Indonesia yang melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hotel Pusako Bukittinggi adalah salah satu hotel berbintang empat. Hotel Pusako Bukittinggi masih dianggap kurang dalam memberikan kualitas pelayanan. Dikarenakan, masih ada beberapa keluhan yang dialami oleh para tamu terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh Resepsionis Hotel Pusako Bukittinggi.oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang kualitas pelayanan Receptionist dan minat pembelian ulang Hotel Pusako Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara kualitas pelayanan Resepsionis terhadap Kepuasan Tamu dan Minat Pembelian Ulang.

            Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap Hotel Pusako Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini berjumblah 101 yang dilakukan melaui insidental sampling. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan pada periode Maret – Juli 2020. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Jalur (Path Analisy).

            Hasil ini dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangible (X1), reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Emphaty (X5) secara simultan atau signifikan memiliki hubungan terhadap Kepuasan Tamu. Apabila variabel tangible (X1), reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Emphaty (X5) ditingkatkan maka akan tercapainya tingkat kepuasan tamu akan tetapi kenaikan salah satu variabel harus diimbangi dengan peningkatan variabel lainnya. Adapun salah satu variabel kualitas pelayanan recepsionis Hotel Pusako Bukittinggi yang paling dominan terhadap tingkat kepuasan tamu yakni variabel Emphaty, variabel Emphaty memiliki presentase yang paling tinggi 54,58 dari pesentase distribusi frekuensi.

Kata Kunci    : Kualitas Pelayanan Receptionist Terhadap Kepuasan Tamu ,  Minat Pembelian Ulang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusnawar. (2017). Receptionist Hotel. Jakarta : Penerbit Gramedia Pusaka Utama.

Bagyono, Elvinaro. (2016). Teori dan Praktek Hotel Front Office Departement. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Penerbit Kencana.

Hardiyansyah. (2017). Kualitas Pelayanan Publik (konsep, dimensi, indikator dan implementasinya). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

JMoeloeng, Lexy, (2015).Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebels Jilid 1). Jakarta : Penerbit PT Indeks.

Krisyanto, Rahmat. (2016). Teknik Riset Komunikasi. Jakarta : Penerbit Kencana.

Sangadji, Etta Mamang. (2017). Perilahku Konsumen (Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian). Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Siregar, Sofyan. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Penerbit Kencana Prenada Media Grup.

Somad, Rismi dan Donni Juni Priansa. (2015). Manajemen Komunikasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sulastiono. (2016). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi.

Tjiptono, Fandi. (2016). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Thamrin dan Francis. (2014). Landasan Teori Produk. Jakarta : Pustaka Library Binus


Article Metrics

Sari view : 29 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.