Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas V SDIT Khaira Ummah

Yulia Septi Wahyuni, Dini Susanti, Ridania Ekawati, Sekar Harum Pratiwi, Vini Wela Septiana, Jepri Naldi, Annaisar Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk karakter siswa di SDIT Khaira Ummah , (2) mendeskripsikan pembinaan karakter yang dilakukan di SDIT Khaira Ummah , (3) mendeskripsikan strategi guru dalam pembentukan karakter siswa, (4) mendeskripsikan implementasi guru terhadap program kepala sekolah tentang mewujudkan karakter siswa yang baik di SDIT Khaira Ummah . Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, dengan pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik tringulasi dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan observasi. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data.hasil penelitian ini menunjukan,bahwa materi pembinaan karakters siswa SDIT Khaira Ummah ,meliputi pembinaan karakter religius,pembinaan karakter kedisiplinan,dan pembinaan karakter sosial. pembentukan karaakter siswa dapat dimulai dari beberapa metode yaitu membuat laporan ibadah harian,memberi salam kepada orang tua sebelum berangkat kesekolah,menerapkan senyum sapa dan salam dalam bermasyarakat dan lingkungan.strategi guru dalam pembentukan karakter siswa adalah melalui strategi pengintegrasian yang meliputi:pertama pengintegrasian karakter lewat kegiatan sehari-hari yang berupa pemberian keteladanan seperti teguran,nasehat,kegiatan rutin

References


Ardipal, A., Machfauzia, A. N., & Zikri, A. (2020). Pengembangan bahan ajar menggunakan literasi musik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 899–906. https://www.neliti.com/publications/452481/pengembangan-bahan-ajar-menggunakan-literasi-musik-di-sekolah-dasar

Desyandri, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2637–2646. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/751

Fauzi, M. Z. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Dalam Operasional Pergudangan Pada Gudang Perum Bulog Meger Klaten

Firnanda, R. (2024). Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Nomor 54 Tahun 2016 dalam Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Sarolangun

Husna, N. S., Octaviani, R., Sahara, Z., & Usiono, U. (2024). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS III DI MIS AL-WARDAH. Khazanah Pendidikan, 18(1), 53–58. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/20311

Lubis, R. A. (2023). Strategi orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada remaja di Kelurahan Aek Tampang Lingkungan III Padangsidimpuan [PhD Thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan]. http://etd.uinsyahada.ac.id/10516/

Minarti, L. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER JIWA KEPEMIMPINAN SISWA. PT Arr rad Pratama, IAINU Kebumen Press. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/711/

Raraga, A. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Pendidikan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas IV di SD Inpres Titigogoli. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 786–797. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/507

Rijaldi, R. M. (2023). Peran orang tua dalam mendidik anak dengan menanamkan nilai-nilai agama [PhD Thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/83987/

Rusmin, R., Khalik, M. F., & Jumadi, J. (2024). Strategi Guru Ekstrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Kamal Mandalle Kabupaten Pangkep. Referensi, 2(1). https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/166

Solissa, E. M., Utomo, U., Kadarsih, S., Djaja, D. K., Pahmi, P., & Sitopu, J. W. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Tingkat Slta Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 6(3), 757–765. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19372

Sopwandin, I., & Rostiana, I. N. (2024). Pendidikan Inklusi. Selat Media.

Suandewi, N. K. P., Nurfakhrurozi, R., & Sukartini, N. W. (2023). Peran Canvassing Dalam Pemasaran produk Tabungan Emas PT Pegadaian (Persero) Cabang Jimbaran [PhD Thesis, Politeknik Negeri Bali]. http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8534

Sulaiman, A., & Khoiri, Q. (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594–5601. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11964

Tholkhah, I., & Faqihudin, M. (t.t.). BIMBINGAN SPIRITUAL DAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP YAPPA DEPOK. Diambil 25 Juni 2024, dari https://www.academia.edu/download/103049952/108.pdf

Yanuardianto, E., Yasid, A., & Mahbubi, M. (2021). Strategi Pemodelan Kognitif Sosial Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 80–102. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/FAJ/article/view/1230




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i2.6106

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :