Edukasi Manfaat Sayur Bagi Kesehatan Anak di Puskesmas Pembantu Bungo Tanjung Tahun 2024

Legabina Adzkia, Rantih Fadhlya Adri, Iffa Setiana, Silvia Adi Putri, Pratiwi Soni Redha, Erpidawati Erpidawati, Elsi Susanti, Usma Aulia, Muhammad Hamdi, Tiara Refindra Wijaya, Nailatul Fadila, Tasya Latifa Putri, Rani Safitri

Abstract


Pengembangan media pembelajaran dan materi ajar SMK telah menjadi tuntutan yang urgen setiap jurusan, tuntutan tersebut didasarkan pada perbedaan kebutuhan dan diikuti dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, sehingga menjadi Dwi kebutuhan yang mendesak untuk mengembangkan media dan sumber belajar yang trend. Tujuan pelatihan ini adalah sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mengembangkan media dan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pelatihan ini diawali dengan pengisian form kebutuhan guru terhadap pembelajaran, dilanjutkan dengan seminar pentingnya rancangan media dan materi ajar dan apa saja aplikasi yang dapat digunakan dalam merancang media dan materi ajar, kegiatan ini diakhiri dengan post-test sebagai alat evaluasi dalam proses pelatihan. Hasil pelatihan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguaan aplikasi dan media sosial seperti kahoot, chatGPT dan google form dapat dijadikan alat bantu dalam mengajar yang menarik. Rekomendasi pelatihan ini sangat diperlukan pelatihan tindak lanjut terhadap verifikasi produk yang telah dirancang berbasis teknologi.


References


Febriyanti, S. A., & Windirah, N. 2021. Pelatihan Pembuatan Keripik Bayam Sebagai Alternatif Usaha Rumah Tangga. Tribute: Journal Of Community Services, 2(2), 78-84.

FMIPA, Admin. 2010. Permen Jelly Pegagan. Diakses pada 23 Agustus 2010

Qadri, S. N., Yunus, Y. E., Yamin, M., Gau, A. D. T., & Zamzam, S. 2022. Pengolahan Daun Bayam Hijau (Amarhantus tricolor) guna Meningkatkan Tingkat Konsumsi Masyarakat. MALLOMO: Journal of Community Service, 3(1), 14-18.

Rahminiwati, M. 2023. Potensi Ekstrak Buah dan Daun Labu Siam (Sechium edule) sebagai prebiotik bakteri lactobacillus casei. Jurnal Veteriner Dan Biomedis, 1(1), 29-36.

Rosyda, Idam. 2023. Sering Dibuang, Daun Labu Siam Ternyata Punya Manfaat Ini Kalau Dimakan, Efeknya Bak Obat. Diakses pada 6 Mei 2023,

Sativa, O., Maryam, S., & Juita, F. 2017. Analisis Nilai Tambah Bayam Sebagai Bahan Baku. Jurnal Ekonomi Pertanian & Pembangunan ISSN, 14(2), 39.

Sulistio, A. D. 2021. Pemanfaatan Daun Pegagan (Centella asiatica) menjadi Olahan Keripik Oleh Masyarakat Desa Wisata Jatimulyo, Girimulyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 5(2), 125-130.

Sutardi, S. 2016. Kandungan bahan aktif tanaman pegagan dan khasiatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 35(3), 121-130.

Wiradarma, Karin. 2019. Enam Alasan Kenapa Anak Perlu Makan Bayam. Diakses pada 31 Januari 2019.

Yulian, Helvana. 2022. Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Labu Siam yang Sangat Baik untuk Kesehatan. Diakses pada 26 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i1.5600

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :