Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Dan Materi Ajar SMK 2 Tanah Putih, Kec. Tanah Putih, Kab. Rokan Hilir. Provinsi Riau

Beniario Beniario, Rini Hendrita, M.Pd, Gusmaizal Syandri, Amiril Mukminin

Abstract


Pengembangan media pembelajaran dan materi ajar SMK telah menjadi tuntutan yang urgen setiap jurusan, tuntutan tersebut didasarkan pada perbedaan kebutuhan dan diikuti dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, sehingga menjadi Dwi kebutuhan yang mendesak untuk mengembangkan media dan sumber belajar yang trend. Tujuan pelatihan ini adalah sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mengembangkan media dan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pelatihan ini diawali dengan pengisian form kebutuhan guru terhadap pembelajaran, dilanjutkan dengan seminar pentingnya rancangan media dan materi ajar dan apa saja aplikasi yang dapat digunakan dalam merancang media dan materi ajar, kegiatan ini diakhiri dengan post-test sebagai alat evaluasi dalam proses pelatihan. Hasil pelatihan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguaan aplikasi dan media sosial seperti kahoot, chatGPT dan google form dapat dijadikan alat bantu dalam mengajar yang menarik. Rekomendasi pelatihan ini sangat diperlukan pelatihan tindak lanjut terhadap verifikasi produk yang telah dirancang berbasis teknologi.


References


Endang Sholihatin, Agatha Diani , Putri Saka, D. R. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa. 5(1), 1–10.

Fitri Mulyani, N. H. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING Research & Learning in Faculty of Education, 3.

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital , Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(November), 53–77.

Noer Hafidz Harsya, Zachrica Claudia, Maeva Wulandari, A. W. K. (2024). Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNES Terhadap Dampak Positif dan Hambatan Penggunaan AI (ChatGPT) dalam Pembelajaran. 3(2), 365–374.

Sari, D. E. (2019). QUIZLET : APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE ERA. 29(1), 9–15.

Syahri, A., Efriyanti, L., Zakir, S., Imamuddin, M., Mahasiswa, P. P., & Kuantitatif, P. (2024). Pengaruh penggunaan chat gpt terhadap pola pikir mahasiswa dalam mata kuliah metodologi penelitian: studi penelitian kuantitatif. 5(1), 135–143.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 4, 170–178.

Trinaldi, A., Enik, S., Bambang, M., Afriani, M., Rahma, F. A., Bahasa, P., & Jambi, U. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. 6(6), 9304–9314.

Widayana, G., Wigraha, A., Agus, E., & Artha, J. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU TEKNIK OTOMOTIF DI SMK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN KEPADA SISWA. 20(1), 68–79.

Zein, A., Informasi, S., Pamulang, U., Selatan, T., & Buatan, K. (2023). Dampak penggunaan chatgpt pada dunia pendidikan. 1(2), 19–24.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i1.5597

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :