Pelatihan Kewirausahaan: “Penentuan Harga Pokok dan Branding Produk UMKM Masyarakat Tepian Danau Maninjau”

Fiola Finomia Honesty, Mia Angelina Setiawan, Mike Yolanda, Jefriyanto Jefriyanto, Helga Nuri Honesty, Awisal Fasyni

Abstract


Pada dekade beberapa tahun ini telah terjadi kerusakan lingkungan di Danau Maninjau akibat budidaya ikan jaring apung dan juga penurunan pariwisata akibat pandemi, sehingga secara signifikan menurunkan tingkat pendapatan ekonomi masyarakat Nagari. Hal ini dikarenakan perekonomian daerah sekitarnya yang sangat bergantung pada pariwisata, budidaya ikan dan pertanian, namun kurang dalam berwirausaha. Untuk itu perlu pelatihan kewirausahaan agar masyarakat Bayua bisa menjalankan usahanya dengan baik sehingga terdapat peningkatan dalam bidang usaha khususnya dalam bidang UMKM.  Pelatihan penentuan harga pokok produk dan branding produk UMKM yang telah diadakan di Nagari Bayua mendapatkan respon yang baik dari para peserta.  Hal ini dikarenakan pelatihan ini memberikan penambahan pengetahuan dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh Masyarakat sekitar.

References


Alma, B. (2004). Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung.

Busharmaidi. (2007). Pengembangan UKM Sumatera Barat. Padang: Litbang Sumbar

Hafsah, M. J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop Nomor 25 Tahun 2004.

Hermon, Dedi. (2010). Geografi Lingkungan: Perubahan Lingkungan Global. UNP Press.

Hermon, Dedi. (2012). Mitigasi Bencana Hidrometeorlogi: Banjir, Longsor, Degradasi

Jolianis (2012). Analisis Perekonomian Daerah dan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat. Economica, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat Vol. 1 No. 1, Oktober 2012

Lahan, Ekologi, Kekeringan, dan Puting Beliung. UNP Press. Padang.

Hermon, Dedi. (2015). Geografi Bencana Alam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Marpaung, Happy dan Bakar, Herman. (2002). Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.

“Pengertian kewirausahaan” diakses pada 20 Oktober 2021. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian- kewirausahaan/

UMKM Pengertian jenis dan perkembangannya di Indonesia. Diakes pada 20 Oktober 2021 https://blog.amartha.com/umkm-pengertian-jenis-dan-perkembangannya-di-indonesia/ Masyarakat, 2(1), 11-18.Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74→ Jurnal online

Andriyanto, R, E., Widiastuti, R., & Yusmansyah. (2017). Analisis tingkat ketercapaian tugas perkembangan karier mahasiswa dan implikasinya terhadap pelayanan konseling. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 227-234. → Jurnal cetak

Wilkinson, R. (1999). Sociology as a marketing feast. In M. Collis, L. Munro, & S. Russell (Eds.), Sociology for the new millennium. Paper presented at The Australian Sociological Association, Monash University, Melbourne, 7-10 December (pp. 281-289). Churchill: Celts. → Proceeding

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi.(Unpublishedmaster’s thesis)Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia. → Tesis

United Arab Emirates architecture. (n.d.). Retrieved June 17, 2010, from UAE Interact website: http://www.uaeinteract.com/ →Website

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (1992). Tiga undang-undang: Perkeretaapian, lalu lintas, dan angkutan jalan penerbangan tahun 1992. Jakarta. EkoJaya. → DokumenPemerintah




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i1.5595

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :