Pendampingan Keterampilan Membaca Al-Quran Peserta Didik Dengan Metode Akselerasi di SMPN 42 Padang Kecamatan Koto Tangah

Izzi Fekrat, Martin Kustati, Rezki Amelia, sekar pratiwi

Abstract


Pendampingan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik bisa membaca al-Quran dengan fasih dan benar. Pengabdian ini membahas pendampingan TPQ di SMPN 42 Padang. Pendampingan ini dilakukan dengan enam kegiatan utama: pertemuan dengan kepala sekolah, desain panduan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik dengan kepala sekolah dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Sosialisasi perlu diberikan kepada peserta didik juga meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan TPQ. Pelaksanaan pendampingan TPQ ini berjalan lancar dengan pembagian peserta didik ke dalam kelompok berdasarkan kemampuan. Evaluasi hasil pembelajaran memberikan gambaran yang jelas tentang pencapaian peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode akselerasi. Pendampingan ini menyoroti pentingnya evaluasi mendalam terhadap keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan TPQ. Hasil yang diberikan dianggap sudah bagus menjadikan kemampuan peserta didik didalam membaca al-Quran menjadi fasih dan benar. Pendampingan ini berkontribusi penting dalam memahami praktik pendidikan agama Islam di sekolah menengah.

References


Abdillah, F., Rofiah, Y., & Azizah, N. (2021). Problem dan Model Pembelajaran Membaca Al-Quran Anak Usia Dini Masa Pandemi di Kabupaten Jember. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 65–90. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.366

Ahmad, E., & Si, M. (t.t.). KETELADANAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH „ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD.

Arif, S. (2014). PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 PAMEKASAN. 11(2).

Arifin, S., & Ikrom, F. (2022). Impelementasi Pembisaan Membaca Juz Amma Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Kholafiyah Tekung Lumajang. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 196–208. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.752

Bahari, F. D. M. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN : IMPLEMENTASI KOMPREHENSIF METODE TARTILA UNTUK KEUNGGULAN SISWA. 4(1).

Cholifudin Zuhri, M. N. (2013). STUDI TENTANG EFEKTIVITAS TADARUS AL-QUR`AN DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI SMPN 8 YOGYAKARTA. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 11(1), 113. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i1.394

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (t.t.-a). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan.

Halim, A., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2021). Pembelajaran Al-Quran Berbasis Edutainment. Jurnal Online Studi Al-Qur an, 17(01), 75–92. https://doi.org/10.21009/JSQ.017.1.04

Joni, R., Rahman, A., & Yanuarti, E. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’a Warga Desa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 59–74. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1289

Kusuma Adi, F., Vitriani, T., & Daqok, M. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TPQ WONOGIRI. Jurnal Al Basirah, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.58326/jab.v1i2.22

Kuswardono, S. (2014). (DEVELOPMENT OF CHARACTER COMMUNITY). 18(2).

Lapamusu, I., Wua, T. D., & Kaunang, N. F. (2018). PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI DESA BALAHU KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 48. https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.442

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847

Lubis, S. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA PENDIDIKAN DASAR. 03.

Maqbul, M. (2020). THE ROLE OF THE MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) IN LEARNING AL-QURAN IN INDONESIA. 14(3).

Marwah Sholihah & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Muhammad, D. H. (2019). UPAYA PENINGKATAN BACA TULIS AL-QURAN MELALUI METODE QIROATI. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142. https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97

Muttaqin, Z. (2023). Empowering Gampong Paya Tampah Al-Qur’an Education Park Students as a Tutor: Solution to Accelerate Al-Qur’an Illiteracy Eradication. 1(2).

Nawawi, M. B. (2017). STUDI PROGRAM AKSELERASI PRAKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PAMEKASAN. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1065

Nisa, I. F., & Indriana, N. (2022). EFEKTIVITAS METODE YAHQI SEBAGAI SARANA AKSELERASI HAFALAN AL-QUR’AN DAN HADITS PADA MAHASANTRI GRAHA TAHFIDZ AL-QUR’AN. 8(2).

Parwadi, R. (t.t.). KENAKALAN REMAJA DI KALANGAN SISWA-SISWI SMPN 07 SENGAH TEMILA KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK.

Puspitasari, P., Mulyani, M., & Sutrisno, S. (2023). Peran Taman PendidikanAl-Qur’an (TPQ) dalam Pembinaan Akhlak Anak di Masjid Madinatul Mukminin. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 236. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1846

Raahman, A. (2016). PENERAPAN SANKSI HUKUM TERHADAP KEJAHATAN GENG MOTOR YANG DILAKUKAN ANAK DI BAWAH UMUR. 5(1).

Rahman, Y. (t.t.). PENGARUH AKTIVITAS PARIWISATA PANTAI TAPLAU KOTA PADANG TERHADAP EKONOMI, SOSIAL MASYARAKAT, DAN LINGKUNGAN. 3(4).

Rahmat, A. (t.t.). At-Tanzil Sebagai Metode Akselerasi Keterampilan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini.

Ritonga, T. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GENERASI MUDA. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.37081/adam.v1i1.303

Saepudin, J. (2014). (Studi Pada SMPN 2 Kota Bandar Lampung). 1.

Sari, K. P., & Mahariah, M. (2023). Literasi Al-Quran di Sekolah: Program Akselerasi Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Quran. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 587–604. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.5074

Utomo, K. B. (t.t.). STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MI.

Yana, R. F., Syawaluddin, F. A., Sagala, A. H., & Siagian, T. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran. 4(2).

Yayat Suharyat & Zakiyatul Darojah. (2022). Penggunaan Metode Qira’ati pada siswa SMA Islam Putra Darma Tambun Selatan Bekasi. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 12–27. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i2.70




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v4i1.5594

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :