Upaya Peningkatan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Oleh Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Silvia Adi Putri, Legabina Adzkia, Iffa Setiana, Pratiwi Soni Redha, Rahmat Saputra, Tiara Refindra Wijaya

Abstract


Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat/semi padat berupa zat organik/anorganik bersifat dapat terurai/tidak terurai, yang dianggap sudah tidak berguna lagi. Berdasarkan data Dinas Kebersihan DKI Jakarta dan riset dari Waste4Change, di Jakarta saja dihasilkan 6000ton sampah perharinya. Sampah tersebut sebagian besar merupakan sampah organik 54%, sampah kertas 15%, plastic 14%. Kegiatan dilaksanakan Rabu, 17 Juni 2019 di Jorong Sungai Cubadak Sumatera Barat. Tujuan kegiatan ini untuk menigkatkan perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan menerpakan pola hidup bersih sehat. Metode kegiatan ini meliputi (1) persiapan: membentuk panitia, mempersiapkan media, (2) Pelaksanaan: memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan juga sesi tanya jawab, (3) Evaluasi kegiatan, (4) pendokumentasian (5) Laporan Akhir. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan secara daring di dapatkan hasil sebagai berikut: (1) Berkaitan dengan kegiatan pengabmas tentang penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) didapatkan hasil sebagai berikut: a) 80% masyarakat memahami tentang PHBS dan masalah kesehatan b) 80% masyarakat memahami tentang PHBS. (2) Pengabdian masyarakat yang telah dilakukan maka evaluasi proses yang juga didapatkan adalah sebagai berikut: a) 90% masyarakat telah mampu memotivasi warga atau masyarakat dan mahasiswa lainnya utuk melakukan penerapan PHBS b) 80% masyarakat telah mampu bertanya warga atau masyarakat dan mahasiswa lainnya utuk melakukan penerapan PHBS. (3) Evaluasi hasil berkaitan dengan kegiatan ini juga didapatkan sebagai berikut: a) Tingginya antusias mahasiswa, hal ini dibuktikan adanya sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber b) Terlihat adanya keseriusan mahasiswa saat berdiskusi tentang PHBS.


References


Buhani B. Pengolahan Sampah Rumah Tangga Berbasis Partisipasi Aktif dari Masyarakat Melalui Penerapan Metode 4RP untuk Menghasilkan Kompos. Sakai Sambayan J Pengabdi Kpd Masy. 2018;2(1):7

Henita Rahmayanti. Konsep Pemahaman Dan Teknologi Pengelolaan Sampah Di Rumah Susun Sewa. Ethos (Jurnal Penelit dan Pengabdi Masyarakat). 2010;35–40.

Kastaman, R dan Kramadibrata, A. 2007. Sistem Pengelolaan Reaktor Sampah Terpadu Silarsatu. Humaniora, Bandung.

Lestari NP, Riyanto DWU. IbM Bank Sampah Desa Mojorejo Kota Batu. MATAPPAJ Pengabdi Kpd Masy. 2018;1(1):23.

Mallongi, A. Dan Saleh, M., 2015. Pengelolaan limbah Padat Perkotaan. Makassar: Penerbit WR

Mardhia D, Wartiningsih A. Pelatihan Pengolahan Sampah Skala Rumah Tangga Di Desa Penyaring. J Pendidik dan Pengabdi Masy. 2018;1(1):88.

Notoatmojo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta. PT Rineka Cipta

Permadi IMA, Murni R. R. Dampak pencemaran lingkungan akibat limbah dan upaya penanggulangannya di kota denpasar. Kertha Negara. 2013;1:3–7.

Purwaningrum P. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indones J Urban Environ Technol. 2016;8(2):141.

Rahmadani, FA. 2020. Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Melalui Pengelolaan Bank Sampah. Jurnal Comm-EDU, 3(3)2615-1480.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung . Alfabeta

Sastrawijaya A. Tresna. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta; 2009.

Suwerda, B. 2012. Bank Sampah: Kajian Teori dan Penerapanya.Yogyakarta: Pustaka Rihamma.

Sahil J, Henie M, Al I, Rohman F, Syamsuri I. Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. Sanitasi Lingkung. 2016;4(2):478–87.

Tumiwa, FF, 2020. Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Bahaya Akibat Buang Sampah Sembarangan Di Desamuntoi Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Salam Sehat Masyarakat 1(2). 2715-7229.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i2.5003

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :