Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Lansia dengan Metode Kibar
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adrian, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Lansia Melalui Religious Literacy di Dusun Krajan Tukum Tekung Lumajang Tahun 2020. AS-SUNNIYYAH, 1(01), 1–23.
Ali, M., Wardi, M. M., & Aqodiah, A. (2023). Program Meretas Buta Hijaiyah Melalui Bimbingan Iqra’dan Ta’lim Al-Qur’an Pada Lansia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6169–6182.
Alifiani, H., Jayanti, A., Arisandy, W., Sari, N. Y., Pragolapati, A., & Wetik, S. V. (2023). Asuhan Keperawatan Gangguan Jiwa Pada Dewasa, Lansia Dan Khusus. Global Eksekutif Teknologi.
Anam, A. C., Rahman, I. K., & Hafidhuddin, D. (2021). Program Bimbingan dan Konseling Landasan Hidup Religius untuk Lansia Panti Sosial. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 207–220.
Andrianto, A., Saputra, E., Fata, A., & Syamsurizal, S. (2023). Pola Pembinaan Keagamaan bagi Lansia pada Panti Jompo Sabai Nan Aluih Sicincin. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 162–176.
Arofi, M. Z., Minarsih, R. W., Rustianingrum, W., Tildjuir, G. S., & Sabilla, S. (2023). Peningkatan kualitas hidup islami dengan pemberantasan buta aksara al-qur’an. Ijmus, 4(1), 11–18.
bin Ahmad, K., & Huda, D. M. S. (2023). The Role of Reading the Al-Quran on Peace of Mind. Focus, 4(1), 39–44.
Dimala, C. P. (2023). PELANA: Pemberdayaan Lansia Aktif Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 5(1), 1–10.
Elmaghfuroh, D. R., Haryanti, D. Y., Aditya, A. F. B., & Afkarina, I. (2023). Pengaruh Implementasi Palliative Care dengan Pendekatan Spiritual Therapy terhadap Kemampuan Kognitif Lansia. The Indonesian Journal of Health Science, 15(1), 46–53.
Fadlurrohman, F., & Subroto, M. (2023). Juridical Review of the Implementation of Recreation Rights for Elderly Prisoners in Correctional Institutions. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 7(2), 758–764.
Faruq, M., & Yuniar, R. F. (2023). Peningkatan Literasi Al-Quran Bagi Warga Lanjut Usia di Kelurahan Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 4(02), 151–158.
Febriana, H., Mardeli, M., & Murtopo, A. (2023). Pengaruh Metode Kibar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelas A di RA Fatimah Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2485–2492.
Irawan, E. N. (2015). Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Psikologi dari Klasik sampai Modern: Biografi, Gagasan, dan Pengaruh terhadap Dunia. IRCISOD.
Istiqomah, S. N., & Imanto, M. (2019). Hubungan Gangguan Pendengaran dengan Kualitas Hidup Lansia. Jurnal Majority, 8(2), 234–239.
Janah, F. B., Muqowim, M., & Hasbiyallah, H. (2022). Evaluasi Pembelajaran BTHQ Kibar di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Mugadeta Muhammadiyah 3 Depok. ISLAMIKA, 4(3), 333–343.
Khairunnisa, M. F., & Nulhaqim, S. A. (2021). Pendekatan Berbasis Kekuatan Dalam Meningkatkan Wellness Lansia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 69–77.
Lidyana, L., Shelly, S., & Fitria, N. (2020). Pendidikan Kesehatan mengenai Deteksi Dini Depresi dan Penurunan Fungsi Kognitif pada lansia. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12–24.
Luluk, N. (n.d.). Penerapan metode iqro pada kegiatan membaca Al-Qur’an bagi lansia di madrasah Diniyah Takmiliyah Riyadhus Sholihin Krajan Umbulsari Jember [PhD Thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. Retrieved December 22, 2023,
Maulidhea, P. Q. A., & Syafiq, M. (2022). Gambaran Penerimaan Diri Pada Lansia Yang Dititipkan Oleh Keluarga Di Panti Sosial. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9, 206–217.
Mujahiddin, A., & Annas, M. (2023). Konsep Tartil dan Pengaruh Penerapannya dalam Membaca Al-Qur’an. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 201–216.
Mustofa, R., & Fajar, A. (2022). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqra Pada Anak-Anak Di Desa Cihanjawar Purwakarta. Pastabiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–56.
Mutiah, S. (2023). Penerapan Metode Kibar Dalam Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Di SMP Negeri 24 Medan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 83–97.
Noor, C. A., & Merijanti, L. T. (2020). Hubungan antara aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(1), 8–14.
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108.
Pajarianto, H., Yusuf, M., Duriani, D., Pribadi, I., Halim, I., & Salju, S. (2023). Literasi Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra Pada Komunitas Perempuan di Wara Timur Kota Palopo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 295–302.
Rahman, I. K., Yusup, N. M., & Hafidhuddin, D. (2021). Pesantren Lansia Sebagai Wadah Pembinaan Husnul Khatimah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 73–87.
Rahmi, E. (2019). Efektivitas Metode KIBAR dalam pembelajaran Al-Qur’an Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. El-Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 4(1).
Roozaq, N. A., & Abidin, J. (2022). Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Keislaman, 9(2), 148–154.
Rosmaharani, S., & Nahariani, P. (2022). Korelasi Perubahan Kognitif Dengan Kejadian Depresi Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 7(3).
Rosyad, R. (2021). Pengantar Psikologi Agama dalam Konteks Terapi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Safliana, E. (2020). Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2).
Sawaluddin, S., & Sainab, S. (2019). The In℡Ligent Meaning In The Qur’an: Analysis Of The Sure Potential In The Al-Qur’an As A Dimension Of Human Psychic Insaniah. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), 85–106.
Shafa, G. A. (2021). Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 90–129.
Thaib, Z. H. (2021). Qur’anic Perspectives On Caring For The Elderly. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(1), 1–26.
Wulandari, R. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Qur’an Berdasarkan Tajwid: Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Tajwid. RIYADHAH-Journal of STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai, 1(2).
Yana, S. (2019). Efektivitas Metode Kibar Dalam Pembelajaran Tahsin Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Dinamika Umat, Kemang, Kabupaten Bogor [PhD Thesis, UNUSIA].
Yoga, Y. N. (2022). Kesulitan Membaca Al-Qur’an di TPQ/TPSQ Mushalla Nurul Haq Kenagarian Sungai Dareh. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 488–495.
Yunus, E. S., Arismunandar, P. A., & Rukanta, D. (2021). Scoping Review: Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Quran terhadap Tingkat Stres Orang Dewasa. Jurnal Integrasi Kesehatan Dan Sains, 3(1), 110–116.
Zelfi, S. N. V., Azzahra, F., Adriani, G. Z., Maharani, T., & Rusli, D. (2023). PENGARUH Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Lansia The Effect Of Psychoeducation To Reduce Anxiety In The Elderly. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 71–80.
DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i2.4994
Article Metrics
Abstract view : 159 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By :