Pendidikan Karakter Dalam Mencegah Bullying Di Sekolah Dasar 10 Tanjung Bonai Tanah Datar

Lara Indah Yandri, Chyo Dwila Adha

Abstract


Perilaku perundungan (bullying) masih kerap terjadi pada anak usia sekolah, termasuk pada anak Sekolah Dasar (SD). Perilaku ini memberikan banyak dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak, baik perkembangan psikomotor maupun psikologis.. Perilaku bullying adalah kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak, sehingga perilaku tersebut tidak bisa dianggap normal, karena akan memberikan dampak negatif kepada korban. Para korban perundungan akan merasa tertekan, tidak percaya diri, takut, kuatir dan stress ketika datang ke sekolah. Solusi yang ditawarkan untuk permasalahan yaitu dengan menawarkan kegiatan sosialisasi anti bullying di SD Negri 10 Tanjung Bonai Tanah Datar.. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tahapan yakni: pertama adalah metode tahapan kegiatan pembinaan dengan metode ceramah, kedua adalah praktek metode pelaksanaan pembinaan dengan metode diskusi.  Jika dilihat dari beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya perundungan atau lebih dikenal dengan istilah bullying salah satunya adalah kurangnya pendidikan empati terhadap oranglain. Hal ini tentu terkait pemahaman moral. Anak yang memiliki pemahaman moral yang tinggi akan menilai suatu perbuatan apakah itu bernilai baik atau buruk. Secara tidak lansung anak akan menjaga perilakunya agar tidak melukai atau menyakiti perasaan oranglain atau dengan kata lain tidak akan melakukan perilaku bullying terhadap temannya. 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Bully, Perundungan


References


Kemdiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta.

Faizah Bafadhal, 2021, Sosialisasi Stop Bullying (Perundungan) Di Sma/Smk Muhammadiyah Singkut Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Jurnal Gramaswara, Vol 1 No2.

Fianolita Purnaningtias, Nuril Aika, Lisanatul Fasihah, Dkk, 2020, Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1, 42-49

Yuyarti, 2018, Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter, Jurnal Kreatif, 9(1), 52-57

Fianolita Purnaningtias, Nuril Aika, Lisanatul Fasihah, Dkk, 2020, Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1, 42-49

https://sdnungaran1.sch.id/berita/read/STOP-BULLYING-Di-Lingkungan-Sekolah-dan-Bagaimana-mengatasinya




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i2.4992

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :