Membangun Kekuatan Umat Islam Melalui Penguatan Ukhuwah Islamiyah Bersama Radio Padang FM

Thaheransyah Thaheransyah, Fadil Maiseptian, Jasman Jasman, Zuwirda Zuwirda, Rani Desmaniar

Abstract


Keberadaan umat Islam dewasa ini menghadapi berbagai tantangan baik dari dalam maupun luar umat Islam. Hal ini bila dibiarkan tentu dapat berdampak negatif dan menghambat kemajuan di Tengah umat Islam. Diantara tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini yaitu adanya bibit perpecahan yang disebabkan kurangnya ikatan ukhuwah Islamiyah sesama penganut agama Islam. Sementara itu, salah satu hal yang sangat signifikan dalam meraih kekuatan dalam upaya menyongsong umat Islam yang berkemajuan adalah kuatnya ikatan persaudaraan sesama umat Islam. Oleh karena itu, penting kiranya dilakukan usaha untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada umat terkait hal tersebut. Dalam pengabdian masyarakat ini digunakan media Radio karena dipandang lebih efektif dan efisien karena dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Keberadaan media Radio tentu diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penguatan terhadap masyarakat atau pendengarnya dengan tema yang menarik yaitu meraih kebahagiaan hidup. Radio Padang FM melalui program acara Masail Islamiyah menjadi pilihan dalam pengabdian masyarakat ini karena sebelumnya sudah memiliki kerjasama dengan institusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

References


Amiruddin, M. (2017). Pemikiran muhammad quthb tentang pendidikan dalam kitab manhaj al-tarbiyah al-islâmiyyah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Faridl, K. M. (2015). Lentera Ukhuwah. Mizan Mizania.

Hadiyyin, I. (2013). Konsep Pendidikan Ukhuwah: Analisa Ayat-Ayat Ukhuwah Dalam Al-Qur’an. Al Qalam (Jurnal Kajian Keislaman), 20.

Hani, H. L. (2023). Komunikasi Antar Budaya Dalam Pengembangan Ukhuwah Islamiyah di Desa Marga Mulya Kecamatan Terbanggi Besar Lampung Tengah. UIN Raden Intan Lampung.

Harahap, P. H. (2019). Ukhuwah Islamiyah Dalam Pemikiran Sufistik Jalaluddin Rakhmat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hidayat, N. I. (2019). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hadiah Pertandingan Futsal Yang Berasal Dari Uang Pendaftaran (Studi Kasus Di Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Syariah Dan Hukum). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Iryani, E., & Tersta, F. W. (2019). Ukhuwah Islamiyah dan Perananan Masyarakat Islam dalam Mewujudkan Perdamaian: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 401–405.

Ismail, H. F. (2019). Islam, Konstitusionalisme dan Pluralisme. IRCiSoD.

Ma’ruf, M. W. (2020). Ukhuwah dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 127–140.

Mukni’ah, M. (2021). Indigenisasi Pemikiran KH Ahmad Shiddiq.

Munawaroh, N. R. (2020). Larangan Korupsi dan Kolusi.

Ningsih, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Metode Pembiasaan Pada Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nur, S. M. (2018). Islam dan Hubungan Antar Agama. Jurnal Studi Agama, 2(2), 130–156.

Nurdiana, N., Susanti, E., Roswati, R., Fiprinita, R., & Afrizal, A. (n.d.). Penguatan Ukhuwah Islamiyah di kalangan Masyarakat Tionghoa di Masjid Cheng Ho Sriwijaya Sumatera Selatan. Sosial Budaya, 19(1), 22–29.

Patra, N. F. (2018). Komunikasi Organisasi dalam Menjalin Ukhuwah Islamiyah di Pondok Pesantren Darussa’adah Desa Taman Sari Kecamatan Gedong Tataan Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung.

Pratiwi, A. M., Romadi, P., & Irham, M. (2023). Wanita dan Dakwah: Gerakan Dakwah Keputrian UKMI Ar-Royyan UNRI. Jurnal Sosio-Komunika, 2(1), 407–422.

Rahman, A. (2019). Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bullying siswa bermasalah di smk negeri 1 barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 55–65.

Waruwu, A. K., Shabilla, R., Setiawan, A., Hulwani, A. N., & Sitorus, M. D. (2023). Peran Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Purifikasi Nilai-nilai Religius PK IMM FAI UMSU. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan Dan Islamic Studies, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i2.4942

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :