Pendampingan Belajar Melalui “Rumah Belajar” Di Jorong Korong Nan Ampek Nagari Tanjuang Bonai Kabupaten tanah Datar

Tesha Dwi Putri

Abstract


ABSTRAK Dalam mencapai keberhasilan belajar, lingkungan merupakan salah satu faktor penunjang. Tempat danlingkungan belajar yang nyaman memudahkan seseorang apalagi pelajar untuk berkonsentrasi. Rendahnyatingkat pembelajaran anak disebabkan karena minimnya informasi pembelajaran serta waktu belajar yangterbatas hanya di jam sekolah dan paradigma masyarakat tentang pentingnya dunia pendidikan bagi masadepan anak masih tergolong rendah. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberi semangat bagianak-anak untuk lebih giat belajar lagi serta menambah pemahaman serta memberikan wawasantambahanpelajaran sekolah bagi peserta didik. Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi proses belajar anak, penting diadakan metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Pemilihandanpenentu metode pendampingan yang tepat akan tercapainya tujuan belajar mengajar secara efektif danefisien. Rumah belajar merupakan kegiatan pendampingan belajar mengajar dengan metode tatap muka dengancaradibagi kelompok belajar. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu: 1) untuk membantu anak-anakSD yang mengalami kendala dan kekurangan dari proses belajar di sekolah formal; 2) meningkatkansemangat belajar dan mengurangi stres dan ketegangan dalam belajar; 3) mengedukasi anak-anak SDtentangisu-isu terkini. Strategi pembelajaran yang dipilih, disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, materipelajaran, dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Hasil pelaksanaan pendampingan belajar melaluiRumah Belajar di Jorong Korong Nan Ampek, Nagari Tanjuang Bonai, Kab Tanah Datar terlaksanadenganbaik dimana kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 Agustus 2023 hingga 19 September 2023. Pesertakegiatan rumah belajar terdiri dari anak-anak SD terutama kelas 2-5. Hasil yang diharapkan dari pengabdianmasyarakat ini ialah Rumah belajar diciptakan untuk bisa memberi semangat bagi masyarakat dananak-anakuntuk lebih giat belajar lagi. Kata Kunci: rumah belajar, pendampingan, efektif.

References


Franz, kurt. 1983. Membina minat baca. Bandung : CV Remaja Karya. Mulyadi, seto.2007. Home Schooling keluarga kak-Seto. Bandung : Kaifa. M. Ngalim Purwanto. 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung. PT. Rosda Karya. Mustoip Sofyan, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing. Schunk, Dale H., 2012, Learning Theories, an Perspective 6

th Editions, Boston, Pearson Education, Inc.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i2.4794

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :