Harmoni Spiritual dalam Kehidupan Sehari-hari: Mengajarkan Keutamaan dan Hikmah Shalat Fardu bagi Remaja di Pasir Kandang

Khoiriah Khoiriah, Firdaus Firdaus, Rosdialena Rosdialena, Saiman Saiman

Abstract


Program ini bertujuan untuk memperkuat kesejahteraan spiritual anak remaja melalui pengajaran mengenai keutamaan dan hikmah shalat fardu dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman anak remaja di pasir kandang tentang keutamaan dan hikmah shalat fardu masih kurang sehingga perlu diadakan peningkatan pemahaman. Metode pelaksanaan digunakan dengan metode ceramah, diskusi dan partisipasi aktif. Hasil dari pengabdian yang dilakukan adalah pemahaman anak remaja tentang hikmah dan keutamaan shalat fardu meningkat. Pada awalnya mereka hanya memahami hikmah dan keutamaan shalat fardu hanya sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai pondasi agama. Setelah pemberian tindakan atau pemahaman bahwa shalat bukan hanya sebagai mengingat Allah SWT, akan tetapi shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar, penghapus dosa, menjadi pribadi yang disiplin dan tangguh serta meninggikan derajat serta shalat merupakan amalan utama bagi umat muslim. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran spiritual anak remaja, memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari mereka, dan menciptakan harmoni di lingkungan sosial. 


References


Darussalam, A. (2016). Indahnya Kebersamaan Dengan Shalat Berjamaah. Jurnal Tafsere, 4(1).

Rumayalita, J. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Ibadah Shalat Fardu Di Sdn 004 Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan [PhD Thesis]. Universitas Islam Riau.

Safrilsyah, 2020047001. (2013). Psikologi Ibadah dalam Islam. LKAS. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12147/

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suparman, D. (2015). PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT DALAM PERPEKTIF PSIKIS DAN MEDIS. JURNAL ISTEK, 9(2), Article 2. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/188

Werdiningsih, D. (2022). Pembelajaran Kolaboratif dan Kooperatif sebagai Pembelajaran Konstruktivisme dan Pembelajaran Aktif. Pembelajaran Aktif Dengan Case Method, 71.

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i1.4598

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :