Penguatan Kepribadian Masyarakat melalui Program Masail Islamiyah Radio Padang FM

Thaheransyah Thaheransyah, Zuwirda Zuwirda, Abdul Rahman Alghafiqi

Abstract


Di tengah perkembangan zaman yang sangat cepat, diperlukan kekuatan dan sikap yang baik dalam menghadapinya. Tidak jarang semakin membuat masyarakat kehilangan arah hidup, sehingga melakukan berbagai hal yang justru membuat kegelisahan dan persoalan dalam hidupnya. Semua Kembali kepada diri pribadi seseorang, bila pribadinya kuat maka berbagai persoalan hidup akan mampu dilewati dengan baik. Setiap manusia tentunya mendambakan kebahagian dalam hidupnya. Terkadang untuk meraih kebahagiaan, sementara orang kemudian salah dalam memilih cara dan metode. Sehingga keinginan untuk mendapatkan ketenangan, kebahagiaan hidup tidak diperoleh. Untuk itu diperlukan penguatan terhadap kepribadian masyarakat sehingga tidak stress dalam menghadapi hidup. Dalam pengabdian masyarakat ini digunakan media Radio karena dipandangan lebih efektif dan efisien karena dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas. Keberadaan media Radio tentu diharapkan mampu memberikan pemahaman dan penguatan terhahadap masyarakat atau pendengarnya dengan tema yang menarik yaitu meraih kebahagiaan hidup. Radio Padang FM melalui program acara Masail Islamiyah menjadi pilihan dalam pengabdian masyarakat ini karena sebelumnya sudah memiliki kerjasama dengan institusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat


References


Al-Mubarakfuri, S., & Al-Atsari, A. I. (2011). Shahih Tafsir Ibnu Katsir.

Arnus, S. H. (2018). Computer Mediated Communication (CMC), pola baru berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289.

Faiza, A., & Firda, S. J. (2018). Arus metamorfosa milenial. Penerbit Ernest.

Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2020). Komunikasi massa. In KOMUNIKASI MASSA. CV. Penerbit Qiara Media.

Hidayat, T. B. W., Punia, I. N., & Kebayantini, N. L. N. (2018). Peran media sosial terhadap perilaku konsumtif kaum remaja di desa Tegal Kertha, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(1), 1–10.

Luthfi, K. (2018). Masyarakat Indonesia dan Tanggung Jawab Moralitas. Guepedia.

Mahyuddin, M. A. (2019). Sosiologi Komunikasi:(Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Penerbit Shofia.

Maiseptian, F. (2019). Gambaran Kecerdasan Emosional Mahasiswa serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 55–63.

Mey, M. (2022). Tasawuf di Era Modern Perspektif Buya Hamka dan Buya Kamba (Studi Komparasi Konsep Tasawuf). UIN Raden Intan Lampung.

Minan, J. (2017). Media Sosial: Hiperrealitas dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now Dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Al’Adalah LP2M IAIN Jember, 20(1), 117–136.

Mubarok, M. H. (2018). Qana’ah sebagai Cara Mencegah Perilaku Hedonis (Perspektif Hamka). Skripsi. Semarang: Program Studi Tasawuf Psikoterapi, UIN Walisongo.

Puspianto, A. (2020). Strategi dakwah masyarakat kota. An-Nida’: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(1), 42–64.

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71.

Sholihul Huda, S. H. I., & Fil, M. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah (Pola Baru Dakwah Era Disrupsi). Samudra Biru.

Surahman, S. (2013). Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni dan Budaya Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Syukur, M. A. (2003). Teologi Islam terapan: Upaya antisipatif terhadap hedonisme kehidupan modern. Tiga Serangkai.

Thaheransyah, T., Putri, N. P., & Maiseptian, F. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Terhadap Remaja di Panti Asuhan Wira Lisna Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 880–888.

Thaheransyah, T., Rosdialena, R., & Maiseptian, F. (2021). IMPLEMENTASI PERENCANAAN DAKWAH IKATAN MUBALIGH PROFESIONAL (IMP) KOTA PADANG. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 16–27.

Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Jakad Media Publishing.

Yazid, A. (2014). Islam Moderat. Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v3i1.4537

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :