PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN KOPERASI SOLOK RADJO DI NAGARI AIE DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Angelia Leovita, Alvindo Dermawan, Syahrial Syahrial, Dian Fauzi

Abstract


Koperasi merupakan suatu badan usaha bersama dimana anggota bersifat sukarela dan memiliki tujuan mensejahterakan anggota. Dalam perkembangannya muncul berbagai masalah yang timbul pada koperasi salah satunya adalah kepengurusan yang tidak berjalan dengan baik, lesu dan tidak bersemangatnya para anggota koperasi dalam menelola dan mengembangkan usaha koperasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantarannya adalah karena kurangnya penguatan kelembagaan pengurus koperasi sehingga pengurus masih sulit dalam mengorganisir tugas dan tanggung jawab untuk pengembangan usaha tentunya ini akan berdampak kepada keberlangsungan koperasi kedepannya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Koperasi Solok Radjo Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman pengurus koperasi solok radjo tentang kelembagaan koperasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan adanya solusi untuk mengatasinya dengan melakukan pengabdian dengan betuk kegiatan melakukan penyuluha terkait dengan peningkatan kapasitas kelembagaan untk pengurus koperasi. Dari hasil penyuluhan yang diberikan pada kegiatan PkM diperoleh, peserta sangat antusias dengan topik yang diberikan dan pengetahuan peserta meningkat terkait kelembagaan koperasi.

Kata Kunci: Koperasi, Kapasitas, Kelembagaan


References


Cahyono dan Tjokropandojo. 2015. Peran Kelembagaan Petani dalam Mendukung Keberlanjutan Pertanian sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Lokal. (Jurnal) Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.

Hernawan, D. 2018. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Nelayan untuk Adaptasi Perubahan Iklim. Penerbit UNIDA PRESS, Universitas Djuanda Bogor.

Hendrojogi. 2000. Koperasi dan Azas-Azas, Teori dan Praktek. Rajawali Press. Jakarta

Kartasapoetra, G. 1991. Koperasi Indonesia. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Mustika, M. 2013. Analisis Perbandingan Pendampatan dan Keuntungan Usahatani Buncis Antara Petani yang Melakukan Pinjaman dengan Petani non Peminjam Koperasi (Studi Kasus : Koperasi Pasar Makmur Nagari Tabek Patah Kec. Salimpauang Kab. Tanah Datar). Fakultas Pertanian. Universitas Andalas.

Prima, dkk. 2019. Koperasi Solok Radjo : Perubahan Kehidupan Petani dan Perdagangan Kopi Arabika di Kabupaten Solok. Faklutas Ilmu Budaya. Universitas Andalas.

Rahayu, I., Kusuma A., R., dan Barlin B., 2021. Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keandalan Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1) : 37-40

Tahiya, Suaib A. dan Muhammad Hasan. 2010. Koperasi 1 Pengantar, Sejarah Ideologi, dan Perkembangannya di Indonesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3954

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :