PENGABDIAN KOLABORATIF DI PANTI ASUHAN KOTO XI TARUSAN, PAINAN

Tri Yuliana Wijayanti, Syukri Al Fauzi Harlis Yurnalis, Ferki Ahmad Marlion

Abstract


Salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama. Salah satu bentuk pengabdian masyarakat itu sendiri ialah pelayanan masyarakat yang dapat berupa bakti sosial kepada panti asuhan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, khususnya kepada penghuni panti asuhan. Kegiatan pengabdian yang dilakukan di Panti Asuhan Koto XI Tarusan, Painan ini terselenggara dari adanya bentuk kalaborasi dan kerjasama antara tiga perguruan tinggi di Sumatera Barat (Universitas Fort De Kock Bukitinggi, UIN Imam Bonjol Padang dan UIN Mahmud Yunus Batusangkar) dengan Yayasan Mubashir Al’Awwabin (YMAA) Padang. Kegiatan pengabdian yang dilakukan sebanyak dua tahap ini merealisasikan beberapa kebutuhan panti asuhan. Rangkaian kegiatan pengabdian pada tahap pertama berupa buka puasa bersama yang dilanjutkan shalat tarawih berjamaah, penyaluran bantuan kebutuhan kesehatan, sandang, papan, dan pendidikan yang berupa buku saku. Adapun pada pengabdian tahap kedua difokuskan pada penyaluran bantuan pendidikan studi lanjut bagi penghuni panti asuhan dari Universitas Fort De Kock Bukitinggi sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pengabdian di Panti Asuhan Koto XI Tarusan, Painan ini telah dilaksanakan dengan lancar, yang ditandai dengan partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat yaitu pihak tim pengabdian dan pihak panti asuhan. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan penghuni Panti Asuhan Koto XI Tarusan, Painan serta mempererat rasa persatuan dan persaudaraaan.

Kata Kunci: Panti Asuhan, Pengabdian Kalaboratif

References


Fandy. (n.d.). Kegiatan Sosial: Pengertian, Manfaat, dan Berbagai Contoh Kegiatannya. Retrieved November 11, 2022, from https://www.gramedia.com/literasi/kegiatan-sosial/

Fauzzia, Willma, D. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. Abdimas BSI, 1(1), 81–86.

Hukul, Kasim, S. J. dan S. H. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Al Khairat Ambol Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Kuttab, 1(1), 33–42.

Karyadiputra, Erfan, D. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis TI Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. Al-Ikhlas, 4(2), 186–190.

Nafisah, S. J. (2018). Arti Kehidupan Anak Asuh Panti Asuhan. Penelitian Pendidikan, 18(1), 33–41.

Sa’adah, Ainun, Meri Ropiqa, P. A. dan Z. M. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Panti Asuhan Ar-Ridho, Siantan. JITPeMas POLITA, 1(2), 67–71. http://journal.polita.ac.id/index.php/abdi/article/download/79/78

Santoso. (2005). Psikologi Keluarga. Rineka Cipta.

Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Widya, 29(318), 28–33.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3885

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :