PELATIHAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA TERHADAP BAHAYA NARKOBA

Zuwirda Zuwirda, Fadil Maiseptian, Dyla Fajhriani Nasrul, Erna Dewita

Sari


Saat ini, permasalahan dan peredaran narkoba di Indonesia telah sampai pada titik yang mengkhawatirkan. Disebut mengkawatirkan karena pecandu narkoba telah merambah luas baik di lingkungan pendidikan maupun kerja. Melalui pelatihan konseling teman sebaya ini diharapkan remaja mengetahui tentang narkoba, tentang pencegahan dan penanggulangan narkoba. Strategi pelaksanaan dalam pengabdian ini mengacu pada proses pelatihan konseling teman sebaya untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba melalui layanan bimbingan kelompok di SMP N 3 Lembang Jaya Kandang Jambu Koto Gadang Koto Anau. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu a) sebelum narasumber memberikan materi dihantarkan terlebih dahulu oleh pemandu yang yang bertujuan untuk melihat sejauh mana siswa mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba. b) memberikan materi dan penayangan video bahaya narkoba bagi reemaja serta memberikan pelatihan dengan kelompok kecil konseling teman sebaya terhadap lingkunag dan sekolah. c) monitoring hasil pelatihan dengan siswa pelatihan konseling teman sebaya terhadap lingkungan dan sekolah serta disekusi dengan guru BK dan guru PAI terkait hasil pelatihan konseling teman sebaya.
Kata Kunci: konseling teman sebaya, kesadaran remaja, bahaya narkoba

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azim, M., & Hartuti, P. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Kelas X Mipa D Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Triadik, 17(2).

Dewita, E., Jasman, J., Maiseptian, F., Safitri, S., & Efendi, M. (2021). Penguatan Kepribadian Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Di Panti Asuhan Aisyiyah Koto Tangah Padang. Menara Pengabdian, 1(2).

Eleanora, F. N. (2022a). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan Dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Teoritis). Jurnal hukum, 25(1), 439–452.

Eleanora, F. N. (2022b). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan Dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Teoritis). Jurnal hukum, 25(1), 439–452.

Fathiyah, K. N., & Harahap, F. (2008). Konseling sebaya untuk meningkatkan efikasi diri remaja terhadap perilaku berisiko. Artikel Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Gadza, G. M. (1977). Develop Metal Education: A Conceptual Framework For A Comprehensive Counselling And Guadance Program.

Haifa, N. S. (2020). Bahaya Narkoba.

Hasibuan, A. A. (2018). Narkoba dan Penanggulangannya. Studia Didaktika, 11(01), 33–44.

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 1971, I. P. N. 6 T. 1971. (1971). Koordinasi Tindakan Dan Kegiatan Dari Dan Atau Instansi Yang Bersangkutan Dalam Usaha Mengatasi, Mencegah Dan Memberantas Masalah Pelanggaran.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1).

Keputusan Menteri Kesehatan, K. M. K. (1997). Nomor: 65/Menkes.SK/IV/1997.

Maiseptian, F. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Mukri, S. G. (2019). Tindakan Edukatif Penanganan Penyalahgunaan Narkoba. Adalah, 3(1).

Panie, Y. I. L. (2021). Mengatasi Penyalahgunaan Narkoba Diindonesia Melalui Nilai Pancasila. Mitzal (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3462

Article Metrics

Sari view : 79 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.