PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MEMPERBAIKI PELAJARAN MENJADI LEBIH EFEKTIF DI SD NEGERI 18 JORONG ANGGE PALAMBATAN NAGARI PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUAH KABUPATEN AGAM

Vini Wela Septiana, Fitri Alrasi, Desminar Desminar, Nurhaida Nurhaida, Sri Wahyuni

Abstract


PTK sebagai salah satu bentuk penelitian yang kebanyakan dilakukan oleh guru, membawa banyak manfaat, diantaranya adalah membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan rasa percaya diri guru, serta memungkinkan guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya. Dengan melakukan PTK, membuat guru menjadi terbiasa meneliti dan menulis sehingga manfaat secara keseluruhan yang akan diperoleh adalah label inovasi pendidikan. Selain manfaat di atas, bagi guru-guru yang hendak mengajukan kenaikan pangkat, jabatan, dan keperluan sertifikasi, sangat disyaratkan untuk melaksanakan penelitian. Sehingga apabila guru memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai PTK, tentu tidak sulit baginya untuk membuat karya tulis ilmiah untuk melengkapi persyaratan di atas. Kenyataan di lapangan yang ditemui adalah banyaknya guru-guru yang terhambat oleh masalah penelitian ini dalam proses pengajuan kenaikan pangkat, jabatan ataupun sertifikasi. Subjek dalam pengabdian ini adalah guru-guru yang mengajar di SD No 18 Jorong Angge., mulai dari guru kelas I sampai guru kelas VI dan Kepala Sekolah dan semua guru bidang studi yaitu guru pendidikan jasmani dan guru pendidikan agama Islam. Alur pengabdian ini menggunakan metode pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan dengan menggunakan pendekatan Partisipatif, yaitu pendekatan yang berorientasi kepada upaya peningkatan peran serta guru-guru secara langsung dalam berbagai proses dan pelaksanaan pengabdian. Pendekatan partisipatif pada intinya dapat diartikan sebagai upaya atau cara untuk mengikut sertakan para guru dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program. Dalam kegiatan PPM ini fokusnya kepada Penelitian Tindakan Kelas.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pelajaran Efektif

References


Aqib, Zainal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Jakarta: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2004.

Panduan Penataran dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen LPTK se-Indonesia. Solo: Dikti-Diknas.

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

McNiff, Jean. 1991. Action Research: Principles and Practice. New York: Routledge




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3454

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :