SOSIALISASI POLA ASUH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN RUMAH GADANG CEREBRAL PALSY SUMATERA BARAT

Siska Elasta Putri, Bustamin Bustamin, Muhammad Hizbi Islami

Sari


Cerebral Palsy (CP) merupakan suatu gangguan dan kelainan yang merusak sel-sel motorik dalam sususan syaraf pusat akibat adanya kelainan otak pada seorang anak. Hal ini menyebabkan anak dengan cerebral palsy membutuhkan penanganan secara khusus. Peran orang tua sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup anak dengan cerebral palsy. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi khusus kepada orang tua dalam persoalan pola asuh orang tua. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua dalam rangka peningkatan pengetahuan terkait pola asuh anak berkebutuhan khusus yaitu cerebral palsy. Kegiatan dilakukan di Yayasan Rumah Gadang Cerebral Palsy, Sumatera Barat. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan penjelasan serta dialog interaktif.
Kata Kunci: Sosialisasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Cerebral Palsy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bustamin, Putri, S. E., Islami, M. H., & Azhari, I. P. (2021). SOSIALISASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS ( CEREBRAL PALSY ) DI YAYASAN RUMAH GADANG CEREBRAL. 29–34.

Eliyanto, H. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Penerimaan Ibu Terhadap Anak Kandung Yang Mengalami Cerebral Palsy. 1–8.

Maimunah, S. (2013). Studi Eksploratif Perilaku Koping Pada Individu Dengan Cerebral Palsy. 01(01), 14–27.

Siron, Y., Perdana, V. R., Saputri, S. R., & Hanifah, D. N. (2020). Bagaimana menjadi orang tua anak dengan cerebral palsy? A parent acceptance. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 90–104. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1795




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3453

Article Metrics

Sari view : 168 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.