FAKTOR-FAKTOR YAG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (Studi Kasus Pada Wajib Pajakn PBB-P2 Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam)

Nini Nini, Gusri Susanti, Andre ilyas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Studi Kasus Pada Wajib Pajak PBB-P2 Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam). Penelitian ini berlokasikan di Jorong Batu Taba, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Berdasarkan pada kriteria sampel yang telah ditentukan sebelumnya, maka pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan metode pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 151 responden Jorong Batu Taba Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SPPT, pengetahuan wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, pendapatan wajib pajak dan sanksi perpajakan secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara parsial SPPT, kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, pendapatan wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata Kunci: SPPT, pengetahuan wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, pendapatan wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustio, Robby. (2020). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Studi Pada Wajib Pajak Pbb-P2 Kota Padang)”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

Dewi, N. K. E. S., Diatmika, I. P. G., AK, S., & Yasa, I. N. P. (2018). Pengaruh Penerimaan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (Sppt), Pendapatan Wajib Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Di Kabupaten Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 8(2).

Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. (2014). Perpajakan : Teori dan Peraturan Terkini. Yogyakarta : CV Andi Offset

Faizah, Siti. (2009). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Studi Kasus Di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal)”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Gunde, Y. M., Murni, S., & Rogi, M. H. (2017). Analisis Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sub Industri Food And Beverages Yang Terdaftar di BEI (Periode 2012-2015). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).

Mardiasmo. (2002). Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta : CV Andi Offset

Musthofa, Khoirul. (2009). “Pengaruh Penghasilan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Kelurahan Tembalang Semarang Tahun 2009”. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Nurfauzi, Agus. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Pravasanti, Y. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21(01).

Putri, Annisa. (2020). “Pengaruh Return On Asset (Roa) Dan Pengaruh Return On Equity (Roe) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)”. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas

Rahman, A. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, Dan Pendapatan Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Jurnal Akuntansi, 6(1).

Resmi, Siti. (2016). Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta : Salemba Empat

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Safitri, P.W.,Harimurti,F.,& Sunarti, S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Tingkat Kepercayaan Pada Pemerintah, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan (Survei Pada Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Masaran Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 17(3).

Suprianti, N. K. T., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(3), 316-326.

Suyanto, S., & Purwanti, P. (2016). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sikap Wajib Pajak Atas Pelaksanaan Sanksi Denda Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Bantul). Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 13(1).

Tanjung, Mirna. (2013). Buku Ajar Perpajakan. Universitas Negeri Padang

Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia, Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat

Y. Asriyani and K. C. Susena, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu,” EKOMBIS Rev. J. Ilm.Ekon.danBisnis, vol. 4, no. 2, pp. 136–145, 2016, doi:10.37676/ekombis.v4i2.279.

Yusnidar, J. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (studi pada wajib pajak pbb-p2 Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3452

Article Metrics

Sari view : 86 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.