BULAN RAMADHAN MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER BERINTEGRITAS

Lara Indah Yandri, Riko Riyanda, Didi Rahmadi, Thesa Dwi Putri, Khairiyah Khairiyah

Sari


Kegiatan pengabdian ini memberikan pengetahuan, pemahaman, dan menanamkan nilai-nilai moral pendidikan berkarakter integritas kepada siswa/anak didik di Panti Asuhan Kulumbuk. Momentum ramadhan tepat untuk memberikan aspek nilai-nilai beriintegritas itu kepada anak didik, sebab di bulan ini adalah bulan latihan, dan bulan pendidikan untuk selalu meningkatkan nilai-nilai kebaikan (taqwa). Dengan memperbanyak mmberikan pesan moral kepada anak-anak didik khususnya di panti asuhan tersebut diharapakan semakin manambah nilai-nilai taqwa, dan bisa berkontribusi untuk penanaman nilai karakter untuk peserta anak didik di panti asuahan.
Tahapan pembinaan pendikan berkarakter berintegrotas ini dilakukan pada dalam waktu satu hari di Bulan Ramadhan 1443 H. Adapun tim pengabdi melakukan kegiatan sebagai berikut: Penyampaian materi dilakukan dengan melakukan permainan (game) kepada anak-anak perserta didik di Panti Asuhan Al-Hidayah, beberapa game akan dimainkan untuk merereka belajar memahami pendidikan karakter mereka dan Materinya meliputi antara lain: permaianan game tentang nilai-nilai integritas: kejujuran, kepedullian, didipilin, tanggung jawab.
Adapun tujuan dari kegiatan pembinaan ini diantaranya adalah (1) dengan game yang dipilih bisa menjawab nilai-nilai integritas yang harus selalu dimiliki oleh anak-anak panti asuhan di panti asuhan Al Hidayah Kalumbuk. (2) Terbentuknya pemahaman nilai-nilai karakter yang islami bagi perserta anak didik di Panti Asuhan Al-Hidayah. (3) Mendorong keterlibatan siswa-siswa anak panti asuhan untuk meningkatkatkan integritas seperti kejujuran, kepedulian.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Integritas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan Karakter. Jakarta: Rajawali.

Albertus, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo.

Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Mochtar.2007. Evaluasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Jakarta Press.

Oki Derwawan. 2013. “Pendidikan Karakter Siswa Melalui Ibadah Puasa.” Edukasia: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Islam 8(2):231.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3451

Article Metrics

Sari view : 60 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.