SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Armalena Armalena, Syahrizal Syahrizal, Asril Asril, Yuherman Yuherman

Sari


Pendidikan anak usia dini khususnya Taman Kanak-kanak (TK) adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan Anderson (1993), "Early childhood education is based on a number of methodicl didactic consideration the aim of which is provide opportunities for development of children personality". Arti terjemahan pandangan Anderson tersebut adalah pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) memberi kesempatan untuk mengembangkankepribadian anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini PAUD khususnya TK perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang meliputi aspek kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik, dan motorik (Suriansyah dan Aslamiah, 2011 : 23). Mengingat pentingnya lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak ini, maka sudah selayaknya setiap wilayah terkecil (desa atau nagari atau marga) memiliki lembaga pendidikan. Masing-masing pihak bisa mendirikan lembaga pendidikan TK demi untuk memfasilitasi proses pendidikan anak usia dini. Termasuk di Kampung Cubadak, Koto Tinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dengan demikian, sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat yang berkeinginan untuk mendirikan TK sangat diperlukan oleh masyarakat Kampung Cubadak. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan memfasilitasi dalam rangka membantu warga nagari Kampung Cubadak dalam mewujudkan keinginan bersama yaitu pendirian lenbaga Pendidikan Taman Kanak-kanak dengan metode sosialisasi yang dilanjutkan dengan pendampingan tersistematis, hingga melakukan evaluasi implementasi. Dalam hal ini, tim pelaksana akan memberikan kontribusi pada upaya pendirian lembaga pendidikan TK di Kampung Cubadak, Koto Tinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode ini dimulai dari analisis kebutuhan, dilanjutkan dengan rencana kegiatan. Dalam rencaba kegiatan dimulai dengan persiapan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi kegiatan. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi yaitu telah dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2021. Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat, pengurus yayasan yang nantinya akan menaungi lembaga pendidikan TK, serta tokoh masyarakat, yang terdiri dari wali jorong hingga ketua pemuda. Kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat tanggapan yang positif dari peserta. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan selama pelaksanaan sosialisasi tentang pendirian TK. Selanjutnya, dilakukan pendampingan pada tanggal 12 September sampai dengan tanggal 18 September 2021. Pendampingan dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman tentang tata cara membuat serta mengurus surat menyurat yang diperlukan dalam proses pendirian TK. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa pengurus yayasan khususnya telah memahami langkah-langkah yang akan dilakukan sekaitan dengan mewujudkan berdiri lembaga pendidikan di lokasi ini.

Kata Kunci: sosialisasi, pendampingan, taman kanak-kanak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cohen, L & Manion, L. 1980. Research Methods in Education. London & Canberra: Croom Helm

H.A.R. Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hodgkinson,

H. 1982. Action Research: A Critique. Dalam The Action Research Reader

Kemmis, s. & McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria, Australia: DeakinUniversity

Kunandar. 2006. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers. Muhibbin Syah. 2009. Psikologi Belajar.

Jakarta: Rajawali Pers.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta. PT.Rineka Cipta. Namsa M. Yunus. 2006. KiprahBaru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran

AgamaIslam. Jakarta: Pustaka Mapan

Suriansyah, Ahmad, Aslamiah. 2011. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin.

Comdes.

Pendidikan dasar dan Menengah, Direktur Jenderal. 1995/1997. Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak 1994. Jakarta. Depdiknas.

Uno, B. Hamzah. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: BumiAksara




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.3448

Article Metrics

Sari view : 60 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.