PELATIHAN KOMPETENSI LITERASI MELALUI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG

Vini Wela Septiana, Fadil Maiseptian, Khoiriah Khoiriah

Abstract


Perubahan zaman super cepat, mengharuskan guru pendidikan dasar, berinovasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Kemajuan teknologi bergerak pesat, negara memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki tiga pilar penting. Ketiga pilar itu literasi, kompetensi, dan karakter. Pendidikan jenjang SD merupakan lembaga pendidikan peletak fondasi pertama dalam membangun pilar literasi sehingga mamu meningkatkan kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional siswa. Berdasarkan kecerdasan tersebut guru diharapkan aktif mendorong siswa untuk memiliki kemampuan literasi yang mampu memenuhi kebutuhan pembelajarannya. Permasalahan yang dihadapi oleh para guru adalah banyaknya guru SD Muhammadiyah yang masih kurang menerapkan kegiatan literasi dalam pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang terjadi selama ini masih berdiri sendiri dan belum selaras sehingga kegiatan literasi kurang maksimal. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengadakan pelatihan dalam bentuk seminar interktif. Pelatihan kompetensi literasi melalui penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolalah di SD MUHAMMADIYAH SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG Padang.

 

Kata Kunci: kompetensi literasi, pendidikan karakter, budaya sekolah

 


References


Yayuk, E., Kuncahyono, K., & Restian, A. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sains (GLS) Di SDN Girimoyo 2 Malang. Publikasi Pendidikan, 8(3), 172-178.

Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238-244.

Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238-244.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).

Aris, S. 2019. 68 Model Pembelajara Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media

Hamzah, U. & Nurdin, M. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Hartati, T. (2017). Multimedia dalam pengembangan literasi Di sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 47-54.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Komalasari, M. D., Wibowo, A., Anggraini, D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Rachmawati, T. S., Rohanda, R., & Winoto, Y. (2017, May). Apresiasi Orangtua Siswa Terhadap Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Tim Pokja PPK Kemdikbud. 2015. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Literasi Melalui Pendekatan PPK

Tim Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kemendikbud 2017. Pembelajaran Literasi di Kurikulum 2013 untuk Jenjang SD

Tjalla, A., Anas, Z., Alfiah, S., Teguh, M., Dewi Koeswanti, H., Oktavianti, I. & Widyanti Setyaningtyas, E. (2017). Prosiding Seminar Nasional Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui gerakan literasi sekolah untuk menyiapkan generasi unggul dan berbudi pekerti.

Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i2.3059

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :