PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 PADANG

Armalena Armalena, Surya Afdal

Sari


Pemberlakukan Kurikulum  2013 diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan citra pendidikan Indonesia di mata dunia. Namun, sampai saat ini Indonesia masih tertinggal jauh dari negara ASEAN seperti Malaysia dan Thailand, apalagi dengan Singapura tahun 2016 ditasbihkan sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, disusul oleh Finlandia pada peringkat kedua. Pembenahan sistem pendidikan tidak dapat hanya dilakukan melalui pergantian kurikulum belaka, akan tetapi juga harus didukung oleh sektor/faktor lain, termasuk kualitas guru. Guru yang berkualitas secara otomatis akan mampu mendongkrak majunya pendidikan di Indonesia termasuk menjadi solusi bagi permasalahan motivasi belajar bagi siswa. Motivasi belajar siswa khusunya yang ada di SMA Muhammadiyah 3 Padang sangat kurang. Sehingga belum berhasil  meningkatkan prestasi. Berdasarkan permasalahan di atas, maka sangat penting memberikan motivasi yang baik dan mengajarakan cara belajar yang efektif serta memberikan pelatihan kepada siswa-siswa yang dimaksud agar mereka mampu untuk memotivasi dirinya sendiri.

 

Solusi yang ditawarkan adalah pelaksanaan kegiatan penjelasan tentang motivasi belajar dan belajar efektif. Sesi ini menitikberatkan pada pemberian penjelasan mengenai pentingnya motivasi yang muncul dari dalam diri siswa agar mampu meningkatkan prestasinya.dan juga memberikan pelatihan dan workshop tentang belajar efektif. Luaran dari kegiatan PPM ini adalah peningkatan motivasi dan cara belajar efektif bagi siswa, di samping publish artikel di jurnal pengabdian, diterbitkan artikel di koran online dan dokumentasi foto dan video pelaksanaan pengabdian.

 

Metode pelaksanaan PPM adalah dengan cara mengnalisis kebutuhan, merenencanakan kerja, Rencana kerja meliputi: persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi kegiatan. Pelaksana kegiatan akan menjadwalkan waktu yang tepat dan tempat yang cocok dalam melaksanakan pelatihan dan workshop sesuai denga tahapan rencana kerja. Selanjutnya, evaluasi untuk semua program kegiatan sesuai target luaran.

 

Kata Kunci: Motivasi; Belajar; Efektif; SMA Muhammadiyah 3


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, (2002). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bina Karya.

Asis, Saefuddin. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Cohen, L & Manion, L. (1980). Research Methods in Education. London & Canberra: Croom Helm

H.A.R. Tilaar. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hodgkinson, H. (1982). Action Research: A Critique. Dalam The Action Research Reader

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria, Australia: Deakin University

Kunandar. (2006). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhibbin Syah, (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Namsa M. Yunus. (2006). KiprahBaru Profesi Guru Indonsia Wawasan Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Mapan

Soedarsono. (2001). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Buku 2.03. Jakarta: PAU – PPAI. Universitas Terbuka.

Susilo, (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Uno, B. Hamzah, (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Usman M. Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Yamin Martinis, (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i2.3056

Article Metrics

Sari view : 61 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.