PENGUATAN KEPRIBADIAN REMAJA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTO TANGAH PADANG

Erna Dewita, Jasman Jasman, Fadil Maiseptian, Sukma Safitri, Muhammad Efendi

Sari


Panti asuhan berfungsi sebagai fasilitas sosial yang membantu dan membimbing anak asuh dalam mengembangkan kepribadinnya dan memiliki keterampilan untuk bekerja sehingga mereka memiliki masa depan yang baik dan penghidupan yang layak serta mampu bertanggung jawab terhadap diri, keluarga dan masyarakat. Pribadi yang efektif adalah pribadi yang mampu memberdayakan dirinya, menjadi pribadi yang berkualitas, dan mampu memenuhi tujuan hidupnya. Orang yang memiliki kepribadian efektif akan mampu bersikap luwes, disiplin bertanggung jawab, tekun, cermat, jujur, empati. Tujuan pengabdian ini untuk menguatkan kepribadian remaja melalui proses bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok merupakan suatu usaha untuk mengembangkan potensi diri individu dengan cara menganalisis sumber masalah, cara mengatasi masalah dan cara mengembangkan potensi diri melalui suasana diskusi dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Hasil pengabdian merujuk kepada proses pembentukan kelompok yang dilakukan dalam bentuk membagi remaja panti menjadi dua kelompok. Proses peralihan dilakukan untu kegiatan transisi dan pengenalan setiap kegiatan dan anggta kelompok. Proses kegiatan pemimpin kelompok membahasan permasalahan kepribadian dan upaya dalam meningkatkannya melalui dinamika kelompok. Proses pengakhiran dilakukan untuk menyimpulkan dan membuat komitmen dalam penguatan kepribadian remaja. Penguatan kepribadian remaja meningkat dengan bimbingan dan arahan positif yang diberikan oleh konselor melalui kegiatan aktif dan berdinamika. Berdasarkan hal tersebut diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga proses bimbingan dapat terukur dan jelas dalam pencapaiannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Mulyono. (t.t.). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Awlawi, A. H. (2013). Teknik Bermain Peran pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem. Konselor, 2(1).

Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan kepribadian positif Anak sejak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 1(1), 1–7.

Departemen Sosial, R. I. (2005). Panduan Pelaksanaan Pembinaan Kesejahteraan Sosial Anak. Jenderal Bina Kesejahteraan SOS, Jakarta.

Dewita, E., Maiseptian, F., & Thaheransyah, T. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Prasekolah di PAUD Al-Muttaqin. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 24(1), 54–64.

Erman, A. (t.t.). Marjohan. 1991. Bimbingan dan Konseling.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167–178.

Haling, S., Halim, P., Badruddin, S., & Djanggih, H. (2018). Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan Dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional Dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(2), 361–378.

Ibu, K. T., & Ibu, K. H. (2017). Hubungan Antara Kepribadian Tangguh dengan Kualitas Hidup pada Ibu yang Memiliki Anak Cerebral Palsy.

Istiqomah, U., Budi, S., & Psi, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Kesadaran Konflik Interpersonal Remaja Penerima Manfaat Di Sasana Pelayanan Sosial Anak “Pamardi Utomo” Boyolali [Phd Thesis]. Iain Surakarta.

Maiseptian, F. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Maiseptian, F., Dewita, E., & Jasman, J. (2021). The Role of Religious Extenders in Improving Family Resilience in The Religious Affairs Office (KUA) Padang City. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 5(1), 1–10.

Maiseptian, F., Rosdialena, R., & Dewita, E. (2021). Self Control Mahasiswa Perempuan Pengguna Smartphone Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 107–120.

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 136–142.

Murdoko, E. W. H. (2017). Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Elex Media Komputindo.

Mustika, S. I. (2018). Delinquency remaja di Panti Asuhan: Study kasus di Panti Asuhan Ar-Rifqi panyileukan Bandung [PhD Thesis]. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nengsih, N. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan arah karier siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. AL-IRSYAD, 7(1).

Niat, D. S., Nasar, I., & Lazar, F. L. (2019). Dampak Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Sdn Golo Gonggo Kabupaten Manggarai, Flores, Ntt. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6(2, Oktober), 154–171.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100–111.

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulation untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 87–112.

Putri, G. Y. I., & La Kahija, Y. (2018). Pengalaman Mengasuh Di Panti Sosial Asuhan Anak (Sebuah Studi Interpretative Phenomenological Analysis) [PhD Thesis]. Undip.

Sri, H., & Sutoyo, A. (2013). Model Bimbingan Kelompok dalam Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).

Suparman, S., Trisna, S., Kusumo, H., Moro, E. P., & Iyan, S. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Pengembangan Self-Knowledge pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasioanal Pendidikan FKIP UAD, 1(1), 370–377.

Waluwandja, P. A., & Dami, Z. A. (2018). Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 109–123.

Widya, S., & Yusran, R. (2020). Peranan Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Anak di Panti Asuhan Aisyiyah Muaro Penjalinan Kota Padang. Journal of Civic Education, 3(4), 386–394.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2004). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, N., & Kholilulrrohman, K. (2020). Konseling Teman Sebaya Dengan Teknik Role Play Untuk Mengurangi Perilaku Marah Pada Penerima Manfaat Di Panti Pelayanan Sosial Anak Pamardi Utomo Boyolali [PhD Thesis]. IAIN Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i2.2976

Article Metrics

Sari view : 109 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.