PKM PADA GURU SD MUHAMMADIYAH KOTA PADANG TENTANG RPP & MODEL PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID19

Dini Susanti Dini Susanti, Vini Wela Septiana, Ridania Ekawati

Abstract


Pembelajaran dikelas agar siswa menjadi efektif dan efesien tentu guru telah mempersiapkan rencana pembelajaran apa yang akan diajarkan kepada siswanya. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Pencapaian Kompetensi Dasar tersebut dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan covid 19 yaitu pembelajaran daring.Permasalahan yang dihadapi oleh para guru sekarang adalah banyaknya para guru yang masih gamang dengan pembuatan RPP dan Model Pembelajaran yang disesuaikan dengan proses pembelajaran daring ini. Belum banyak guru yang belum mengerti dalam pembuatan RPP dan Model pembelajaran selama daring ini . Oleh sebab itu, mereka sering mengalami kebingungan dalam menyusun RPP dan menggunakan model yang akan digunakan sesuai dengan materi yang akan diberikan semuanya harus disesuaikan dengan covid 19. Melihat keadaan seperti ini, kami para dosen pendidikan Madrasah Ibtidaiyah merasa terpanggil untuk mengadakan workshop pelatihan dalam membuat RPP dan Model Pembelajaran dalam masa pandemi covid-19 kepada para guru SD Muhammadiyah yang berada di Kota Padang . Manfaat dari hasil pengabdian dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pengajaran bagi guru di sekolah mengenai penggunaan berbagai model pembelajaran siswa.

 

Kata kunci : RPP, Model Pembelajaran, Artikel, PGMI, SD Muhammadiyah


References


Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2004.

Kunandar .2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikat Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Panduan Penataran dan Lokakarya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Dosen LPTK se-Indonesia. Solo: Dikti-Diknas.

Trianto.2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. 2009. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

McNiff, Jean. 1991. Action Research: Principles and Practice. New York: Routledge.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.2663

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :