PENINGKATAN LITERASI INFORMASI MASYARAKAT NAGARI SUNGAYANG MELALUI PEMBINAAN RUMAH BACA YAYASAN SITI HAJIR UWO (SHUWO)

Dewi Dahlan, Rika Jufriazia Manita

Abstract


Pembinaan rumah baca dilakukan di yayasan Siti Hajir Uwo (Shuwo) pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2021. Yayasan Shuwo berada di Kenagarian Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Yayasan ini memiliki rumah baca yang berada di nagari Sungayang tersebut. Rumah baca ini baru dibuka, oleh sebab itu yayasan ini membutuhkan bantuaan pembinaan dalam mengelola rumah baca tersebut. Kehadiran rumah baca merupakan suatu wadah yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar nagari sungayang untuk meningkatkan literasi informasi. Dengan meningkatnya literasi informasi maka akan menjadikan nagari sungayang dengan masyarakat yang berwawasan luas karena memiliki rumah baca yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di nagari Sungayang tersebut. Pembinaan rumah baca ini dilakukan oleh dua orang dosen dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar dan 10 orag mahasiswa yang berasal dari program studi ilmu perpustakaan dan informasi islam. Setelah dilakukan pembinaan pada tanggal 12 April tersebut maka hasil yang diperoleh adalah buku-buku yang sudah terssusun dengan rapi dan dosen-dosen yang mengikuti pembinaan ini memberikan informasi bagaimana mengelola rumah baca yang baik.

Kata Kunci: pembinaan, rumah baca, literasi, informasi


References


Maulana, Akbar. 2019. Peran Rumah Baca “Ceger Membaca” Dalam Minat Baca di Desa Ceger, Jurang Mangu Barat. Prosiding Seminar Nsional Penagdian Masyarakat. Jakarta: LPPM UMJ Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nugrahaeni. 2021. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pembagian Masker, Hand Sanitiser Kepada Warga Jatisari. Jurnal Abdimasku, Vol.4, No1, Januari 2021. Semarang: Jurnal Abdimasku.

Pawit M. Yusup, Encang Saepudin. 2017. Praktik Literasi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat. Jurnal Kajian Informasi dan perpustakaan, Vol.5, No.1.Bandung: Program Studi Ilmu Perpustakaan , Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran.

Diah Amalia Ayu, Mochamad Syawie. 2015. Pembangunan Kemandiarian Desa Melalui KOnsep Pemberdayaan: Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosiologi. Jurnal Sosio Informa. Puslitbangkesos




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v1i1.2662

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :