PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) LEMBUTI

Shinta Angellina, Rilly Yane Putri, Pagdya Haninda Nusantri Rusdi, Nurul Nazwa Aprilia, Adinda Fortuna Rizky

Sari


Pendahuluan: Kampung Keluarga Berencana (KB) bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta Pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pandangan Masyarakat Terhadap Program Kampung Keluarga Berencana Lembuti di Tanah Hitam Kota Padang Panjang. Metode: Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif  dengan pendekatan Kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber Data dan Metode. Data Penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan informan penelitian diambil dari Ketua Kampung KB, Tokoh Masyarakat, 6 Pasangan Usia Subur. Teknik analisis data dengan cara Reduksi Data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa masih minimnya pemaham masyarakat terhadap program kampung KB, pandangan masyarakat terhadap program kampung kb beragam. Dan dari pengelola mengatakan kalau masih minimnya pengetahuan masyarakat itu karna kurangnya sosialisasi yang diadakan. Penyebab kurangnya sosialisasi itu karna dana dari pemerintah tidak ada. Kesimpulan: Penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan masyarakat yang  masih minim karna kurangnya sosialisasi dari Kader. Saran untuk pemerintah dan pengelola agar mengembangkan lagi program-program yang ada di kampung KB.      


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alpionita, Y., Arifin, J., & Harahap, A. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Program Kampung Kb Dilihat Dari Aspek Bina Keluarga Balita (Bkb) Di Desa Nawin Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. In Japb (Vol. 3, Issue 2).

Angellina, S., Yane Putri, R., Haninda, P., Rusdi, N., Kesehatan, F., Muhammadiyah, U., & Barat, S. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kb) Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Padang Panjang. In Human Care Journal (Vol. 8, Issue 3). Https://Sinta.Kemdikbud.Go.Id/Journals/Profile/5436

Asnori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (Fajar T. Septiono (Ed.); 1st Ed.). Cv. Pena Persada.

Bkkbn. 2018. Pertumbuhan Keluarga Berencana (Kb). Jakarta: Bkkbn

Bkkbn (2021): Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah : Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2021, Biro Perencanaan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta.

Bkkbn. 2022. Mengenal Kampung Keluarga Berencana (Kb). Jakarta: Bkkbn

Bkkbn. 2022. Juknis Kampung Keluarga Berencana (Kb). Jakarta: Bkkbn

Depkes Ri. 2018. Kampung Kb: Inovasi Strategis Memperdayakan Masyarakat ,Jakarta.

Dinas Sosial Ppkbp3a. 2018. Kampung Kb, Padang Panjang

Musyafa’ah, Nur Lailatul & Arif Wijaya, 2018 “Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kabupaten Lamongan Dalam Perspektif Fiqh Syiasah”, Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam 10:2

Rianto, F., Nengsih, N. S., Setyadiharja, R., & Kunci, K. (2019). Evaluasi Program Kampung Keluarga Berencana Di Kota Tanjungpinang Evaluation Of The Family Planning Village Program In Tanjung Pinang 2019. Dimensi, 8(2), 286–306.

Rianto, F., Nengsih, N. S., Setyadiharja, R., & Kunci, K. (2019). Evaluasi Program Kampung Keluarga Berencana Di Kota Tanjungpinang Evaluation Of The Family Planning Village Program In Tanjung Pinang 2019. Dimensi, 8(2), 286–306.

Sri Astuti. (2019). Program Kampung Keluarga Berencana (Kb) Dalam Mewujudkan Keluarga Sejahtera Di Dusun Balabatu Desa Buntu Barana Kabupaten Enrekang Sri Astuti 1563140024.

Statistik Bp. Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020. Kementerian Dalam Negeri, No. 7/Th. Xxiv 2021.

Puji Lestari, M.Hum, Taat Wulandari, S. Pd, 2019. Persepsi Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Kampung Keluarga Berencana. Kab Bantul




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v6i2.5244

Article Metrics

Sari view : 82 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.