ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA PROGRAM UKS DI SEKOLAH DASAR

Zuhrina Aidha, Lailatul Mardhiyah, Gadis Permata Hati Manalu, Devika May Nisha, Karina Aulia Putri

Sari


Latar belakang: Pola Hidup Bersih dan Sehat di sekolah merupakan kegiatan memperdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk melakukan pola hidup sehat menciptakan sekolah sehat meliputi  mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya dan melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Tujuan: untuk mengidentifikasi Program PHBS yang disekolah tersebut, dimana Program PHBS sebagai bagian dari UKS merupakan salah satu program yang sudah berjalan cukup lama di sekolah ini. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil: Program PHBS ini sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan sudah berjalannya 6 indikator dari 8 indikator PHBS pada tatanan sekolah. Namun dari program ini masih memiliki hambatan. Hambatan dari program ini adalah kurangnya rasa peduli terhadap kebersihan dan cinta akan kesehatan diri sendiri. Diskusi: Pihak sekolah harus semakin meningkatkan kinerja dalam pemenuhan indikator PHBS pada tatanan sekolah. Salah satunya yaitu indikator pemberantasan jentik nyamuk. Serta peningkatan pengembangan SDM yaitu para guru, staf ataupun masyarakat sekolah yang dapat memberikan edikasi kepada para siswa/siswi



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidah, Y. N., & Huda, A. (2018). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah luar biasa. Jurnal Ortopedagogia, 4(2), 87-93.

Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18-28.

Depkes RI. (2011). Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta : Dirjen Binkesmas Depkes RI

Kemenkes, R. I. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes, R. I. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes, R. I. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kesehatan. Jakarta: Depkes RI. 2. Depkes RI, 2002, Panduan Manajemen PHBS Menuju Kabupaten/Kota Sehat. Pusat Promosi Kesehatan. Jakarta: Depkes RI.

Lestrai, F, A,. & Jayanti, Dian, E, S,. (2020). “Analisis Pelaksanaan Program UKS MA Al- Qodiri VIII Kelir Melalui Pendekatan Sistem”. JPH RECODE. Vol 4 (2). Hal 14-27.

Novia, Desi,. Misnaniarti, dkk. (2021). “Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Pada Sekolah Dasardi Kabupaten Musi Rawas”. Jurnal Kesehata Komunitas”. Vol 7 (2). Hal 241-247.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. (1992). Pendidikan Kesehatan: Pedoman Pelayanan Kesehatan Dasar. Bandung: ITB dan Udayana

Purwanto, B. (2021). Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Data Riset Kesehatan Dasar.

S, Pomarida,. & Lindawati, Simorangkir,. 2018. “Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang”. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. Vol 17 (1). Hal 16-25.ar

Siti Aminah, Elang Wibisana, dkk.2021. Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang,6(1), 18-27.

Sukismanto, S., & Fitriana, L. B. (2019). Peningkatan Peran Serta dan Dukungan Guru Melalui Pelatihan tentang PHBS sebagai Salah Satu Strategi Keberhasilan Pelaksanaan UKS PAUD di PAUD Wilayah Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti, 2(1).

Vilian, M. T. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional Di Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152-161.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i2.3967

Article Metrics

Sari view : 323 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.