PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA AWAL TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI

Kiki Rizky Anggraini, Rosmawati Lubis, Putri Azzahroh

Sari


Latar Belakang : Pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan baik pengetahuan dan sikap untuk mencapai hidup sehatsecara optimal. Salah satu cara untuk menyalurkan pesan adalah dengan menggunakan media audiovisual. Penyebaran informasi tentang kesehatan reproduksi sangat diperlukan bagi remaja. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja awal tentang kesehatan reproduksi di SMP Islam Kabupaten Tangerang Tahun 2022. Metode Penelitian : Penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Pre and post test without control. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII sebanyak 86 siswa-siswi. Penelitian ini akan dilakukan di salah satu SMP Islam di wilayah kabupaten tangerang. Intervensi menggunakan video edukasi. Analisa data secara univariat dan bivariat. Hasil Penelitian : Skor pengetahuan sebelum intervensi video edukasi adalah 16,47 dan sesudah intervensi video edukasi adalah 22,26. Skor sikap sebelum intervensi video edukasi adalah 33,09 dan sesudah intervensi video edukasi adalah 43,56. Ada berpengaruh intervensi video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja awal tentang kesehatan reproduksi di SMP Islam Kabupaten Tangerang dengan nilai P value (0.000) < (0,05). Kesimpulan dan Saran: Ada berpengaruh intervensi video edukasi terhadap pengetahuan dan sikap remaja awal tentang kesehatan reproduksi. Bidan berpartisipasi aktif dalam program kemasyarakatan dengan memberikan penyuluhan kesehatan pada remaja tentang kesehatan reproduksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Provinsi Banten. (2020). enduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Provinsi Banten (Jiwa), 2018-2020. https://banten.bps.go.id/indicator/12/94/1/penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-banten.html

Dharma. (2015). Metodologi Penelitian keperawatan. Jakarta :CV. Trans Info Media.

Faijurahman, A. N., & Ramdani, H. T. (2022). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Video Dan Powerpoint Reproduksi Remaja ( Studi kasus di SMK HIKMAH Garut ). JUrnal Kesehatan Tambusai, 3, 177–184.

Fitrian, H., Suwarni, L., & Hernawan, A. D. (2019). Model IMB(Information, Motivation, Behavioral Skills) Sebagai Prevensi Primer Seks Pranikah Remaja. Jurnal Endurance, 4(3), 622. https://doi.org/10.22216/jen.v4i3.4383

Jatmika, S. E. D., & Safrilia, F. E. (2019). Perbedaan Edukasi Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Anak Sd Menggunakan Metode Ceramah Dengan Alat Peraga Dan Media Audiovisual. Gizi Indonesia, 42(1), 53. https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i1.396

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Lestari, Y. D., Herawati, Permatasari, L., & Hamidah, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja melalui Media Animasi terhadap perubahan Pengetahuan dan Sikap pada Siswi SMP di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Midwifery Journal, 3(1), 1–9.

Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). HUbungan Antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN I Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5.

Ningsih, W. A., Suseno, M. R., & Hamidiyanti, B. Y. F. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2), 59–69. https://doi.org/10.35890/jkdh.v10i2.216

Notoatmodjo, S. (2015). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktik (Edisi 5). Salemba Medika.

Ranni, G. A. I. P., Lestari, R. T. R., & Sari, N. A. M. E. (2020). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Audiovisual Tentang Reproduksi Remaja Terhadap Pengetahuan Perilaku Seksual Pranikah. Bali Medika Jurnal, 7(1), 46–60. https://doi.org/10.36376/bmj.v7i1.107

Rashdan, N. A., Firdaus, T., Karima, A. S., Nadia, N., & Holipah, H. (2021). The Effect Of Providing Educational Videos Towards Knowledge, Attitude, And Behaviours Related To Reproductive Health, STIS, And HIV/AIDS In Non-Medical Communities. Journal of Community Health and Preventive Medicine Vol., 1(2), 1–9.

SDKI. (2017). Survei Demografi dan Kesehatan: Kesehatan Reproduksi Remaja.

Setyawan, D. A. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi (Studi di SMA Muhammadiyah 2 Mojosari – Mojokerto). In Stikes Insan Cendekia Medika. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang.

Simaibang, F. H., Azzahroh, P., & Silawati, V. (2021). Pengaruh Media Lembar Balik, Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Reproduksi Seksualitas pada Siswa Sekolah Dasar di Jakarta Timur. JUrnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 104–112. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.493

UNICEF. (2019). Adolescents Statistics : Investing in a safe, healthy and productive transition from childhood to adulthood is critical.

World Health Organization (WHO). (2018). Guidance on ethical considerations in planning and reviewing research studies on sexual and reproductive




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v5i1.3511

Article Metrics

Sari view : 772 times
PDF - 2439 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.