PENGARUH STATUS NUTRISI IBU HAMIL TERHADAP JENIS PERSALINAN

Uliyatul Laili, Ratna Ariesta Dwi Andriyani

Sari


Pendahuluan : Status gizi ibu sebelum hamil merupakan tolak ukur untuk menentukan asuhan yang akan diberikan kepada ibu selama kehamilan. Status nutrisi tersebut dapat dilihat berdasarkan Indeks Masa Tubuh (IMT) yang diukur melalui tinggi badan dan berat badan, serta ukuran Lingkar Lengan Atas (LLA). Status nutrisi ibu sebelum hamil dan kenaikan berat badan ibu selama kehamilan akan memberikan dampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin, proses persalinan, serta komplikasi yang dapat menyertai kehamilan baik pada ibu dan janin. Sehingga status nutrisi harus diperhatikan jangan sampai berlebih atau kurang, karena kondisi tersebut dapat mengakibatkan perslainan premature, bayi lahir dengan berat badan rendah, atau apabila berlebih dapat juga berakibat pada diabetes gestasional serta makrosomia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara status nutrisi ibu hamil yang meliputi Indeks Masa Tubuh (IMT) dan Lingkar Lengan Atas (LLA) dengan jenis persalinan. Metodologi : Desain penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan studi cross sectional. Populasi adalah ibu bersalin di Puskesmas Jagir Surabaya pada bulan Mei – Juni. Tehnik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan sample yang memenuhi kriteria peneliti yaitu ibu bersedia menjadi responden, tidak terdapat kegawatdaruratan selama kehamilan dan proses perslainan serta bayi baru lahir. Hasil : Berdasarkan hasil uji statistic dengan uji chi square menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara Indeks Masa Tubuh (IMT) dan Lingkar lengan Atas (LLA) dengan jenis persalinan dengan nilai p value 0.171 dan 1.547. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan anatara IMT dan LLA tidak berhubungan dengan jenis persalinan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Marmi, (2012). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sativa G, Cahyani RD.2010. Pengaruh indeks massa tubuh wanita pada saat

persalinan terhadap keluaran maternal dan perinatal di RSUP Dr. Kariadi periode tahun 2010 Core. 2011;26:9. Available from: https:

//core.ac.uk/download/files/379/11731721.pdf

Yazdani S, Yosofniyapasha Y, Nasab BH, Mojaveri MH, Bouzan Z. 2012. Effect of maternal body mass index on pregnancy outcome and newborn weight. Biomed central Ltd [internet]. january. Available from:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articl es/PMC3292487/

Vitriani, O., & Tegar Ardyta, P. (2018). Hubungan Lingkar Lengan Atas (Lila) Ibu Hamil Dengan Berat Badan Lahir Bayi Di Rumah Bersalin Cempedak Tahun 2013. Jurnal Ibu Dan Anak, 2(1). Retrieved from http://jurnal.pkr.ac.id/index.php/JIA/article/view/84

Ar Fitri, Cpz Lang, D Framitasari, F Ratnasari, Fms Ringgo. 2014. Hubungan Ukuran Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil dengan Risiko Persalinan Preterm di Puskesmas Kecamatan KramatJati Jakarta Timur. Journal article eJournal Kedokteran Indonesia. April 2014. DOI 10.23886/ejki.2.3182.

Yulrina, Susi. 2016. Faktor Ibu yang Berhubungan dengan Kejadian Persalinan Lama di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Komunitas Vol 3 No 2, Mei 2016. Page 83-87

Ruth, John, Joice. 2016. Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) awal Kehamilan dengan Luaran Maternal neonatal. Jurnal e-Clinik Vol. 4 No.2 Juli-Desember 2016

Manik, R. Pengaruh Sosio Demografi,

Riwayat Persalinan dan Status Gizi Ibu

terhadap Kejadian BBLR, Studi Kasus

di RSIA Sri Ratu Medan. Skripsi,

Medan: FKM-USU, 2000.

Ricalde AE, Velasquez-melandez G,

Tanaka AC, de Siqueria AAR. Midupper arm circumference in pregnant women and its relation to birth weight. Rev Saude Publica, 1998, 32 (2).




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v3i1.2191

Article Metrics

Sari view : 4962 times
PDF - 3090 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.